Bondowoso (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA bekerja sama dengan Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Jember (PP KAUJE) memberikan pelatihan foto produk dan pemasaran digital bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu.

Direktur Utama Perum LKBN ANTARA, Akhmad Munir mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu komitmen LKBN ANTARA melakukan langkah nyata dalam meningkatkan kapasitas pelaku UMKM agar dapat bersaing dalam pangsa pasar yang semakin luas dan terbuka lebar.

"Kami (dari ANTARA) mendorong pelaku UMKM, khususnya di Bondowoso UMKM bisa mandiri, tangguh dan bisa bersaing dunia bisnis masa kini," ujarnya saat membuka pelatihan bagi seratusan pelaku UMKM di Pendopo Kabupaten Bondowoso.

Akhmad Munir menyampaikan bahwa bisnis masa kini (era digitalisasi) sudah berubah dari 10 atau 15 tahun lalu yang masih memasarkan produk secara konvensional.

"Sekarang banyak toko tutup dan ada juga karyawannya dikurangi, lantas bisnis apa? Sebenarnya mereka tetap bisnis, dengan metode berbeda atau cara lain, salah satunya memasarkan produknya dengan metode pemasaran digital," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Akhmad Munir, LKBN ANTARA hadir memberikan pelatihan foto produk dan juga pemasaran digital bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

"Hari ini kami dari ANTARA menghadirkan fotografer nasional (Redaktur Foto LKBN ANTARA) Andhika Wahyu, yang punya kemampuan pengambilan angle foto produk dan bagaimana produk itu baik dan bagus, termasuk cara promosi di media sosial," katanya.
Redaktur Foto LKBN ANTARA Andhika Wahyu menyampaikan materi pelatihan foto produk dan pemasaran digital UMKM di Pendopo Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Rabu (16/10/2024). ANTARA/ Seno


Pelatihan bertajuk "Fotografi Produk dan Pemasaran Digital Menggunakan Sosial Media" ini merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) LKBN ANTARA bekerja sama dengan PP-KAUJE dalam bentuk penyelenggaraan pelatihan UMKM di Bondowoso.

Harapannya, pelaku UMKM mendapat tambahan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan untuk menghadapi berbagai kompetitor, terutama dalam era digital.

Pelatihan ini juga menjadi bukti kepedulian ANTARA terhadap kemajuan UMKM yang merupakan sebuah kegiatan usaha kecil ataupun rumah tangga dengan potensi membuka banyak lapangan pekerjaan dan menyerap banyak tenaga kerja.

Sebagai kantor berita negara yang menjadi bagian dari perusahaan BUMN, ANTARA memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam menggali serta mendorong potensi-potensi lokal untuk tumbuh dan terus berkembang serta memajukan kesejahteraan masyarakat sekitar.

LKBN ANTARA juga memberikan paket peralatan lengkap untuk foto produk kepada seratusan pelaku UMKM peserta pelatihan.

Baca juga: Kemenkop UKM tingkatkan daya saing usaha mikro lewat pelatihan digital
Baca juga: Dirut ANTARA: Media "mainstream" ujung tombak promosikan produk UMKM
Baca juga: ANTARA gelar seminar Entrepreneurship Coaching Clinic di Bondowoso