Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir turut diundang oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk membicarakan susunan kabinet pemerintahan lima tahun kedepan di kediamannya di Jalan Kertanegara, Senin (14/10/2024).

Erick Thohir juga dikabarkan datang kembali ke kediaman Prabowo yang berada di Hambalang, Kabupaten Bogor, pada hari ini, Rabu (16/10).


Profil serta karier Erick Thohir

Dr. (H.C.) H. Erick Thohir, B.A., M.B.A., lahir di Jakarta pada 30 Mei 1970, dirinya menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang dipilih secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Erick merupakan wakil Indonesia di Komite Olimpiade Internasional (IOC), dan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA). Dia juga terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sejak 16 Februari 2023.

Erick juga dipercaya sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah/MES dan anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

Baca juga: Erick Thohir: Pertemuan dengan Prabowo bahas isu internasional
Baca juga: Profil Rachmat Pambudy, calon kuat menteri dalam kabinet Prabowo


Sebelum masuk ke dunia politik, Erick dikenal sebagai pengusaha di industri media dan olahraga. Lulusan Master of Business Administration di National University of California ini sempat mendirikan Mahaka Media dan menjabat sebagai Komisaris Utama perusahaan itu pada 2010-2019.

Jika melihat kembali ke belakang, tepatnya pada 28 November 1992, Erick Thohir bersama sejumlah rekan kuliahnya mendirikan PT Mahaka Media Tbk di Jakarta, yang awalnya dikenal sebagai PT Abdi Bangsa.

Melalui kolaborasi tersebut, lahirlah Mahaka Group, yang mempelopori penerbitan Republika, surat kabar pertama di Indonesia yang ditujukan untuk komunitas Muslim. Seiring berjalannya waktu, Mahaka Group memperluas bisnisnya dengan meluncurkan beberapa media lainnya, seperti stasiun televisi Jak TV, serta radio 98.7 Gen FM dan 101 Jak FM.

Erick juga memiliki perusahaan bernama PT Kalyanamitra Adhara Mahardika atau yang lebih dikenal dengan nama Alive Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa konsultansi creative agency, brand activation, dan event organizer (EO).

Pada tahun 2008, bersama dengan Anindya Bakrie, Erick Thohir mendirikan TVOne dan platform berita Vivanews.

Sebagai pengusaha yang sukses, Erick Thohir juga memiliki saham di bidang olahraga khususnya klub sepak bola dan basket seperti Inter Milan hingga DC United, dan memiliki saham di Persis Solo serta klub sepak bola Inggris, Oxford United bersama Anindya Bakrie di bidang tim sepak bola.

Dalam bidang basket, Erick Thohir memiliki klub Basket Satria Muda dan pernah memiliki saham di klub NBA Philadelphia 76ers.


Kehidupan pribadi

Erick Thohir adalah putra dari Teddy Thohir yang merupakan seorang pengusaha yang turut berkontribusi dalam perkembangan Astra Internasional.

Erick berasal dari keluarga yang multi etnis, ayahnya memiliki keturunan Lampung sedangkan ibunya adalah orang tionghoa sunda.

Erick Thohir memiliki saudara kandung bernama Garibaldi Thohir yang akrab dipanggil Boy Thohir, ia memiliki profesi sebagai bankir investasi.


Total kekayaan

Berdasarkan data LHKPN 2021, total kekayaan Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI tersebut mencapai Rp 2,3 triliun.

Baca juga: Sosok Dudy Purwagandhi, Komisaris PLN yang masuk radar menteri Prabowo
Baca juga: Sosok Maman Abdurrahman, calon kuat menteri UMKM di kabinet Prabowo