Jakarta (ANTARA) - Pengamat Kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai bahwa Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto lebih cocok masuk kabinet pemerintahan mendatang dibandingkan menjadi Kapolri.

"Peluang untuk menjadi menteri memang sangat besar melihat peran Komjen Pol Agus Andrianto yang menjadi salah satu aktor di balik keberhasilan pengamanan Pemilu dan Pilpres 2024," ucapnya di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, Agus lebih cocok melanjutkan karier sebagai menteri lantaran akan pensiun dari kepolisian pada 16 Februari 2025. Apabila dibandingkan dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang masih memiliki waktu tiga tahun sebelum pensiun pada 5 Mei 2027, kesempatan yang dimiliki Agus untuk memimpin kepolisian sangatlah singkat.

"Berarti hanya akan menjabat tak lebih dari empat bulan. Bila dipilih menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Listyo, tentu sangat kecil peluang untuk merealisasikan visi dan misinya," tutur dia.

Ia menilai, Agus yang memiliki latar belakang kepolisian dapat mengisi beberapa kementerian, di antaranya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Tak menutup kemungkinan menggantikan seniornya Jenderal Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) karena peluang Tito Karnavian akan mengawal Kemenko Polhukam sangat besar," ujarnya.

Baca juga: Profil Komjen Pol Agus Andrianto: Dari Blora hingga Kertanegara

Baca juga: Wakapolri perintahkan Polda bantu perkuat UMKM sokong ekonomi daerah


Diketahui, Wakapolri Agus menjadi salah satu dari sejumlah tokoh yang dipanggil oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta, pada Senin (14/9).

Dalam pertemuan tersebut, Wakapolri asal Blora ini menyampaikan bahwa dirinya diajak berdiskusi tentang pembangunan Indonesia ke depannya. Prabowo juga bertanya mengenai kesiapan Agus untuk membantunya menjabat selama lima tahun ke depan.

"Beliau tadi menyampaikan kepada saya apakah kalau ditugaskan untuk membantu beliau saya siap," ucap Agus.

Petinggi Polri itu mengaku siap apa bila diminta mengabdikan diri untuk bangsa dan negara.

"Tentu sebagai prajurit Bhayangkara saya siap untuk mengabdikan diri bagi bangsa Indonesia," katanya.

Meski demikian, Agus belum menyampaikan secara pasti apa yang akan ditugaskan kepada dirinya. Namun, tersiar kabar bahwa posisi Menteri Imigrasi akan diproyeksikan kepada Agus nantinya.