Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meminta tim nasional sepak bola Indonesia tetap bersemangat meski kalah dengan skor 1-2 dari China di laga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C, Selasa (15/10).

"Yang paling penting tetap semangat karena kita masih memiliki peluang besar untuk masuk ke ronde berikutnya," kata Jokowi di sela kunjungan kerja di Sumatera Utara, Rabu sebagaimana rekaman suara yang diterima di Jakarta.

Dia mengatakan kekalahan dalam sepak bola adalah hal yang biasa.

"Ya namanya bola itu ada menang, kadang-kadang ada kalah, kadang-kadang drop itu biasa," ujarnya.

China memberikan kekalahan perdana bagi Indonesia dalam putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C setelah mereka menang 2-1 di Stadion Sepak Bola Pemuda Qingdao, Selasa malam.
Pemain China Jiang Guangtai (dua kiri) bertarung memperebutkan bola dengan pemain Indonesia Witan Sulaeman (dua kanan) pada laga kualifikasi Asia Piala Dunia FIFA 2026 di Qingdao, Shandong, China (15/10/2024). ANTARA/AFP/aa.
Baca juga: China beri kekalahan pertama untuk Indonesia setelah menang 2-1

Bagi Indonesia, kekalahan ini memutus hasil positif dari tiga kali imbang pada tiga laga pertama melawan Arab Saudi, Australia, dan Bahrain. Kekalahan ini juga memperpanjang rekor buruk Merah Putih tak pernah menang melawan China ketika bermain di Negeri Tirai Bambu.

Kendati demikian kekalahan ini tak mengubah posisi kedua tim dalam klasemen Grup C. Indonesia tetap posisi kelima dengan tiga poin, unggul selisih gol dari China di dasar klasemen dengan koleksi poin sama.

Jepang yang bermain imbang 1-1 melawan Australia di Stadion Saitama juga masih memimpin klasemen dengan 10 poin.

Dengan menyisakan enam laga lagi, peluang kedua tim lolos langsung ke Piala Dunia 2026 sebagai juara grup dan runner-up atau merebutkan tiket tersisa pada putaran keempat sebagai peringkat tiga dan empat di putaran ketiga masih terbuka lebar.

Baca juga: Shin Tae-yong tidak menduga taktik yang diterapkan tim China
Baca juga: Erick Thohir akan evaluasi timnas Indonesia setelah kalah dari China