Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Indonesia, Selasa (15/10), mulai dari BKKBN akan melibatkan tim pendamping keluarga untuk program makan bergizi gratis hingga Kementerian LHK melakukan verifikasi penetapan hutan adat di Sorong Selatan.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

BKKBN akan libatkan tim pendamping keluarga untuk makan bergizi gratis

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan melibatkan tim pendamping keluarga (TPK) untuk program makan bergizi gratis yang berkolaborasi dengan Badan Gizi Nasional dan seluruh pemangku kepentingan lain.

"Sasarannya itu kan anak sekolah, ibu hamil, ibu menyusui, dan balita, nah kalau anak sekolah datanya mudah, ada di sekolah, tarik (datanya) bisa kan, tetapi kalau ibu hamil, menyusui, balita, teman-teman TPK yang di dalamnya ada ibu PKK, bidan, kader, karena dia langsung turun ke keluarga, jadi tahu," kata Pelaksana Tugas Kepala BKKBN Sundoyo ditemui di Kantor BKKBN, Jakarta, Selasa (15/10).

Selengkapnya baca di sini.

BPJS Kesehatan jalin kerja sama dengan Polri

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus menunjukkan komitmennya sebagai penyedia layanan jaminan kesehatan yang inklusif dan komprehensif bagi seluruh lapisan masyarakat dengan menjalin kerja sama strategis bersama Kepolisian Republik Indonesia.

Kerja sama ini diwujudkan dalam Rapat Koordinasi Pembinaan Sumber Daya Manusia dan Pegawai Negeri Sipil Polri yang dihadiri Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti dan Direktur Kepesertaan BPJS Kesehatan David Bangun, Selasa (15/10).

Selengkapnya baca di sini.
Kemenag ingatkan sanksi bagi pelaku usaha tidak urus sertifikasi halal

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan para pelaku usaha di Provinsi Sumatera Barat terkait sanksi apabila tidak segera mengurus sertifikasi halal hingga 17 Oktober 2024.

"Jika setelah 17 Oktober 2024 pelaku usaha belum mengantongi sertifikat halal, maka akan langsung diberi sanksi berupa teguran tertulis," kata Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kemenag Sumbar Edison di Padang, Selasa (15/10).

Selengkapnya baca di sini.

Dosen UI raih paten teknologi sel punca Xeno-Free di Inggris

Dosen Program Studi Teknik Biomedik Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI), Rizal Azis, berhasil meraih hak paten di Inggris atas penemuan inovatifnya tentang media kultur sel punca Xeno-Free (bebas dari komponen hewani).

Inovasi yang dikembangkan bersama Profesor Nick Hannan dari University of Nottingham sejak 2020 ini diharapkan mampu merevolusi riset dan terapi sel punca di seluruh dunia, terutama dalam aplikasi klinis.

Selengkapnya baca di sini.
KLHK lakukan verifikasi penetapan hutan adat di Sorong Selatan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan verifikasi untuk penetapan hutan adat di Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya, yang diharapkan dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat adat di wilayah itu.

Ditemui dalam proses verifikasi di Distrik Konda, Kabupaten Sorong Selatan, Selasa (15/10) Kepala Sub Direktorat Penetapan Hutan Adat dan Hutan Hak KLHK Yuli Prasetyo Nugroho mengadakan verifikasi terhadap pengajuan enam hutan adat di daerah itu.

Selengkapnya baca di sini.