Jakarta (ANTARA) - Laga antara Jepang vs Australia berakhir imbang 1-1 dalam lanjutan pertandingan keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga yang berlangsung di Stadion Saitama, Jepang, Selasa (15/10) malam WIB.

Kedua gol tercipta akibat bunuh diri oleh pemain dari masing-masing tim. Australia unggul lebih dulu berkat gol bunuh diri Shogo Taniguchi sebelum Jepang menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri bek Australia, Cameron Burgess, demikian yang dilansir laman resmi AFC.
Hasil ini membuat Jepang tetap bertahan di peringkat pertama klasemen grup C. Samurai Biru mengoleksi sepuluh poin dari empat laga. Sementara untuk Australia juga masih berhak menempati posisi runner-up.

Tentunya kondisi tersebut menjadi kabar baik bagi Timnas Indonesia, yang sedang melangsungkan laga keempat melawan China hari ini, Selasa (15/10). Timnas Indonesia bisa menggeser Australia bila sukses meraih poin penuh di kandang China,
Bermain sebagai tuan rumah, Jepang langsung melancarkan serangan ke lini pertahanan Australia sejak kick-off.

Pada menit ke-4, Takefusa Kubo menyerang dari sisi kiri sebelum melepaskan tendangan. Namun sayang, bola masih melenceng dari gawang.

Sepuluh menit kemudian, Jepang kembali mendapat peluang emas. Kali ini melalui permainan kerja sama yang apik.

Kubo mengirim umpan silang ke kotak penalti, bola dibelokkan, lalu Ritsu Doan memanfaatkan bola pantul dan melepaskan tembakan ke tengah. Sayangnya, bola masih bisa dihalau kiper Australia, Joe Gauci.

Tetapi, solidnya pemain di lini belakang Australia membuat Jepang tidak bisa memecah kebuntuan. Skor 0-0 pun terus bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Jepang melanjutkan tekanan mereka kepada Australia. Kerja sama Kubo dan Takumi Minamino pada menit ke-57 memberikan ancaman, umpan silang Kubo dari kanan disundul Minamino, tetapi arah bola masih menyamping di sisi kanan gawang lawan.

Alih-alih unggul lebih dulu, Jepang justru tertinggal 0-1 dari Australia pada menit ke-58 lewat gol bunuh diri Shogo Taniguchi.

The Socceroos memanfaatkan kelengahan lini pertahanan Jepang. Dari sisi kanan Lewis Miller melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Taniguchi berupaya membuang bola, tetapi upaya Taniguchi justru masuk ke gawang Zion Suzuki.

Unggul 1-0 membuat Australia tampil lebih berani dan memainkan umpan-umpan pendek. Jepang bermain disiplin dan mampu menatahkan serangan The Socceroos.

Jepang akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-76. Kali ini gol Jepang tercipta lewat bunuh diri Cameron Burgess.

Gol Jepang itu bermula dari akselerasi pemain pengganti Keito Nakamura di sisi kiri. Nakamura kemudian melepaskan umpan ke depan gawang, Burgess yang coba menghalau bola justru bola masuk ke gawang Gauci.

Selepas itu, Jepang kembali menekan Australia tetapi tidak ada tambahan gol tercipta hingga laga usai. Jepang ditahan Australia 1-1 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.


Baca juga: Ratusan suporter Indonesia beri dukungan untuk timnas di Qingdao
Baca juga: Pratinjau China vs Indonesia: Peluang bawa pulang tiga poin
Baca juga: Jadwal lengkap timnas Indonesia melawan China malam ini