Jayapura (ANTARA) - Dewan Pers memperkuat peliputan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada jurnalis di Papua agar peran pers sebagai pilar keempat demokrasi dapat terus dijaga dan menjadi pengingat saat bertugas.

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu saat membuka kegiatan workshop peliputan Pilkada 2024 yang dihadiri KPU Papua, Bawaslu Papua dan KPID Papua di Kota Jayapura, Papua, Selasa (15/10).
“Dengan menggelar kegiatan tersebut membuktikan bahwa komitmen pers dalam menyebarluaskan informasi dapat terus terjaga,” katanya.
Menurut Ninik, oleh karena itu kegiatan ini sangat penting guna menjadi mitigasi bagi para jurnalis.

“Kegiatan ini telah dilakukan sebanyak dua kali di mana sebelumnya pada Februari 2024 yang mana dilakukan penandatanganan antara Dewan Pers, Bawaslu, KPU dan KPI sehingga ini lanjutan dari komitmen tersebut,” ujarnya.
Dia menjelaskan oleh sebab itu kegiatan ini sangat penting dilakukan kembali agar ruang pemberitaan terkait dengan Pilkada tetap memberikan kontribusi positif di dalam rangka memberdayakan intelektual dan meningkatkan partisipasi publik.
“Kami mengakui memang untuk pemilihan Pilpres dan Pileg pada beberapa waktu lalu ada riuk tetapi dari perspektif keamanan dan ketahanan nasional tetap bisa berjalan lancar,” katanya.

Dia menambahkan oleh sebab itu melalui kegiatan tersebut pihaknya berharap agar dapat melahirkan satu pemikiran untuk bagaimana terus menjaga proses Pilkada di Papua berjalan jujur dan adil.