Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memberikan bantuan modal usaha kepada 50 orang penyandang disabilitas melalui kerja sama fasilitasi Forum UMKM Disabilitas GRIYA DIVA-BLe dan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI).

"Bantuan untuk penyandang disabilitas ini diberikan kepada penerima manfaat yang sebelumnya telah merintis usaha UMKM," kata Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Samsul Bahri di Cikarang, Selasa.

Ia mengatakan bantuan ini merupakan komitmen Baznas Kabupaten Bekasi untuk membantu mengembangkan usaha para penyandang disabilitas yang telah berjalan agar semakin tumbuh dan berkembang.

"Kita bantu mereka dalam hal permodalan untuk mengembangkan usaha. Setiap orang mendapatkan Rp1 juta," ucapnya.

Dia menjelaskan penerima manfaat program bantuan ini sudah memiliki sejumlah usaha kecil seperti servis lampu LED, produksi kerajinan tangan tas rajut, hingga lini usaha ekonomi kreatif lain.

"Mereka juga ada yang usaha membuat kue, menjual aneka lauk-pauk, layanan pijat dan servis elektronik televisi," katanya.

Samsul berharap modal usaha yang diberikan dapat membantu menopang perekonomian penyandang disabilitas sekaligus menjadi tambahan modal usaha mereka agar semakin berkembang.


"Tentu harapan kami, mereka bisa maju dalam menjalankan usaha sehingga bisa terus memperbaiki ekonomi," kata dia.

Baca juga: Kado Hari Santri, Baznas luncurkan beasiswa bagi 10 ribu santri
Baca juga: Baznas RI bantu 1.082 jenis obat-obatan untuk korban bencana di Sudan