Jakarta (ANTARA) - Konsultan properti Cushman & Wakefield mengungkapkan program pembangunan 1 juta apartemen per tahun di perkotaan dari presiden terpilih Prabowo Subianto-wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka dapat membantu generasi milenial dan gen Z memiliki hunian terjangkau di perkotaan.

"Program 1 juta apartemen Prabowo membuka peluang bagi generasi milenial dan gen Z untuk memiliki hunian terjangkau di perkotaan, serta mengatasi tantangan harga properti yang tinggi," ujar Direktur Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia Arief Rahardjo kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

Menurut Arief, dengan asumsi proyek apartemen ini dapat dikembangkan di lahan-lahan milik BUMN dan dengan skema kerjasama tertentu bisa menekan biaya lahan lebih murah yg ujungnya akan membuat harga jual/sewa unit apartemen lebih murah.

Selain itu, program 1 juta apartemen Prabowo juga bertujuan meningkatkan akses transportasi umum dengan membangun apartemen dekat jaringan transportasi publik.

Hal ini akan memberikan kemudahan akses mobilitas, mendukung penggunaan moda transportasi massal, dan mengurangi kemacetan.

"Program ini juga meningkatkan kenyamanan hidup bagi pekerja usia produktif yang didominasi oleh generasi milenial dan gen Z," ujar Arief.

Program pembangunan 1 juta apartemen per tahun di perkotaan merupakan bagian dari Program 3 Juta Rumah presiden terpilih Prabowo Subianto-wakil presiden terpilih Gibran.

Program 3 Juta Rumah merupakan bagian dari program prioritas Prabowo-Gibran yang mana salah satunya adalah menjamin rumah murah dan sanitasi untuk masyarakat desa dan rakyat yang membutuhkan.

Pemerintahan ke depan berjanji membangun atau merenovasi 40 rumah per desa/kelurahan per tahun sehingga akan tercapai tiga juta rumah mulai tahun ke-2 masa kerja. Pemerintahan ke depan yakin negara harus hadir menyediakan perumahan yang terjangkau, serta sanitasi yang layak bagi masyarakat yang membutuhkan.

Mempercepat penyediaan perumahan bagi rakyat Indonesia yang belum memiliki tempat tinggal merupakan bagian dari 8 Misi Asta Cita Prabowo-Gibran yakni Misi Asta Cita 6 Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.

Baca juga: Program bisnis PGN sejalan Asta Cita Prabowo-Gibran 2024-2029
Baca juga: Asaki sebut HGBT dan SNI wajib dorong optimisme program 3 juta rumah
Baca juga: REI tegaskan komitmen untuk sukseskan Program 3 Juta Rumah per tahun