Jakarta (ANTARA) -
PT Blue Bird Tbk (BIRD) bersama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menjalin kolaborasi strategis dalam implementasi sistem pembayaran digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada lebih dari 17.500 armada Bluebird.

Direktur Utama Blue Bird Adrianto (Andre) Djokosoetono mengatakan kerja sama ini menjadi langkah signifikan dalam memperluas adopsi pembayaran digital di sektor transportasi.

"Kini perjalanan semakin mudah menggunakan QRIS, termasuk melalui aplikasi wondr by BNI yang baru diluncurkan pada 5 Juli 2024," ujar Andre di Kantor Blue Bird, Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa kolaborasi ini menjadi bagian untuk menjaga relevansi dengan konsumen.

Lanjutnya, kemudahan transaksi adalah bagian dari layanan mobilitas Standar Nyaman Indonesia (SNI), dimana dengan adanya QRIS BNI, pihaknya menawarkan pengalaman mobilitas yang lebih praktis bagi pelanggan.

"Solusi ini merupakan bentuk adaptasi kami dengan perkembangan teknologi serta menyesuaikan perilaku konsumen yang semakin berkembang. Ini sejalan dengan salah satu pilar dalam strategi transformasi digital perusahaan, yaitu Multi-Payment," ujar Andre.

Lebih lanjut, Ia menyebut kerja sama QRIS dan cashless payment juga akan diimplementasikan pada layanan Bluebird lainnya, yaitu Cititrans yang melayani shuttle antarkota.

Kemudian, kerja sama Ini melengkapi kolaborasi antara BNI dan Bluebird sebelumnya, yaitu transformasi ekosistem cashless di internal Bluebird menggunakan layanan Cash Management dan API services, penempatan ATM CRM di beberapa pool Bluebird, serta pembukaan tabungan BNI dan TapCash bagi pengemudi Bluebird.

"BNI dan Bluebird berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dan memperkuat ekosistem digital yang semakin berkembang di Indonesia," ujar Andre.

Dalam kesempatan sama, Senior Executive Vice President Bisnis Digital BNI Rian Eriana Kaslan menyebut bahwa kerja sama ini merupakan wujud komitmen perseroan dalam mendukung transformasi digital di Indonesia, khususnya di sektor transportasi.

Dengan implementasi QRIS di seluruh armada Bluebird, ia berharap akan meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mendorong adopsi sistem pembayaran digital yang lebih luas.

Sampai September 2024, total volume transaksi QRIS BNI secara nasional telah tumbuh 206,12 persen year on year (yoy) dibandingkan tahun sebelumnya, yang mana sejalan dengan pertumbuhan signifikan pengguna aplikasi wondr by BNI sejak diluncurkan.

Rian menjelaskan, BNI juga memberikan keuntungan bagi pengguna aplikasi wondr by BNI dengan memberikan promo tambahan cashback 20 persen, apabila pengguna bertransaksi di Bluebird menggunakan wondr by BNI.

Selain integrasi layanan QRIS dan program wondr by BNI, Ia melanjutkan kedua pihak juga melakukan branding wondr by BNI pada taksi Bluebird, dalam rangka meningkatkan awareness kepada masyarakat atas kemudahan yang ditawarkan aplikasi wondr by BNI baik untuk pembayaran atau transaksi perbankan lainnya meliputi transfer, bayar tagihan, top-up e-wallet hingga investasi.

Baca juga: OIKN sebut Blue Bird pasok bus dan taksi listrik untuk upacara di IKN
Baca juga: Presiden Jokowi luncurkan transportasi publik ramah lingkungan di IKN
Baca juga: BNI dukung OJK tingkatkan literasi keuangan lewat FinExpo 2024