Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Netty Prasetiyani Aher menilai Indonesia harus terus bergerak aktif melakukan beragam upaya untuk membantu Palestina merdeka dari penjajahan yang dilakukan oleh zionis Israel.

"Indonesia harus terus bergerak aktif melalukan upaya agar konflik Israel-Palestina segera mendapatkan solusi yang adil dan menjamin hak rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan yang hakiki," kata Netty dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia perlu memperkuat jalur diplomasi luar negeri guna melanjutkan dukungan penuh terhadap kemerdekaan Palestina.

Netty menekankan sebagai negara berdaulat yang menolak segala bentuk penjajahan, Indonesia memang diharuskan melakukan tindakan nyata dalam memperjuangkan hak-hak kemerdekaan Palestina.

Baca juga: Negara Eropa yang siap akui kemerdekaan Palestina bertambah
"Sebagai bangsa yang pernah merasakan getirnya dijajah, Indonesia memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung penuh kemerdekaan Palestina," ucap dia.

Hal itu, kata Netty, juga selaras dengan amanat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan prinsip Dasasila Bandung yang dihasilkan dalam Konferensi Asia-Afrika 1955 yakni terkait dengan memajukan perdamaian dunia.

Diketahui, Kementerian Kesehatan Gaza telah mengatakan sejak Oktober 2023 korban jiwa akibat serangan Israel ke Palestina mencapai 41.689 jiwa. Jumlah itu termasuk balita, anak-anak, perempuan, disabilitas, dan lansia.

Oleh karena itu Netty mendesak peran aktif diplomasi Indonesia di berbagai forum internasional, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Kerja sama Islam (OKI), dan Gerakan Non-Blok (GNB), untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Baca juga: MUI ajak masyarakat Indonesia terus dukung kemerdekaan Palestina
Dia juga mendesak agar Pemerintah Indonesia lebih tegas dan berani dalam menyuarakan dukungan terhadap hak-hak Palestina.

"Kita harus berani mengambil inisiatif, baik di kancah diplomasi internasional maupun regional, untuk memimpin upaya penyelesaian konflik ini," kata dia.

Selain itu Netty juga mendukung langkah-langkah diplomasi yang telah diambil oleh Kementerian Luar Negeri (Kemnlu) RI sejauh ini. Dia lalu mendorong peran aktif pemerintah dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina yang saat ini sedang mengalami kesulitan akibat blokade dan serangan militer Israel.

"Semangat solidaritas kemanusiaan harus menjadi landasan kita dalam mendukung perjuangan Palestina. Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus bersatu, menguatkan komitmen kita dalam mendukung Palestina, baik melalui diplomasi, bantuan kemanusiaan, maupun advokasi di forum-forum internasional," ujar Netty Prasetiyani Aher.

Baca juga: Dukungan Indonesia takkan sirna untuk Palestina yang bebas merdeka