Jakarta (ANTARA) - Jobfair menjadi salah satu acara yang sangat dinantikan oleh para pencari kerja. Di tengah era dunia digital saat ini, jobfair terbaru menawarkan kemudahan pendaftaran secara online, sehingga bisa diikuti tanpa harus datang langsung ke lokasi acara.

Dengan terdapat berbagai perusahaan besar, kesempatan untuk menemukan pekerjaan impian semakin terbuka lebar. Simak penjelasan mengenai jobfair terbaru dan cara mendaftarnya secara online.

Keuntungan mengikuti jobfair online

Jobfair online memberikan banyak keuntungan bagi para pencari kerja. Pelamar bisa mengikuti acara ini dari mana saja tanpa harus datang ke lokasi, cukup dengan menggunakan handphone dengan akses internet. Tentunya sangat hemat waktu maupun biaya ongkos.

Selain itu, pelamar pun dapat melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan dalam satu platform tanpa perlu mengirim satu per satu.

Jobfair online juga sering kali diisi dengan berbagai webinar dan sesi pelatihan yang bisa menambah pengetahuan para pelamar untuk persiapan menghadapi dunia kerja.

Banyak perusahaan dari berbagai sektor, telah membuka lowongan di jobfair online ini. Salah satunya jobfair online telah diadakan di platform Karirhub.

Karirhub merupakan platform informasi lowongan kerja yang berada dibawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), yang memiliki sekitar 2.605 peserta perusahaan yang bekerja sama membuka lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja.

Melansir dari website Karirhub, jobfair terbaru yang akan diadakan yakni Pangkal Kemenangan Naker Fest 2024 dibuka pada 17 Oktober 2024 pukul 19.00 WIB dari Dinas Tenaga Kerja Kota Pangkal Pinang. Catat tanggal dan waktunya bagi Anda para pencari kerja tahun ini.

Cara mendaftar jobfair secara online


Proses pendaftaran jobfair online sangat mudah dan bisa dilakukan dalam beberapa langkah saja, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.
1. Kunjungi situs resmi Kemnaker


Langkah pertama adalah mengakses situs web resmi https://kemnaker.go.id/, kemudian klik "Masuk". Jika sudah memiliki akun, masukkan email dan password akun. Namun, jika belum punya akun, klik "Daftar sekarang".
2. Buat pendaftaran akun baru


Setelah masuk laman pendaftaran akun, isi kolom pendaftaran dengan Nomor Induk Kependudukan atau nomor KTP, nama lengkap, nama ibu kandung, email, nomor handphone, dan buat password. Lalu, klik "Daftar sekarang".
Tunggu beberapa menit untuk kode OTP dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon yang telah Anda daftarkan. Jika sudah dapat SMS, masukkan kode OTP dan klik "Konfirmasi".

3. Isi dan lengkapi profil


Akun Anda telah berhasil dibuat. Setelah itu, lengkapi profil diri Anda melalui picture profile dan klik "Profil". Kemudian akan muncul dashboard profil akun dan klik "Lengkapi profil".
Terdapat tujuh langkah yang perlu di isi yakni upload foto, data diri, pengalaman kerja, pelatihan yang pernah di ikuti, pendidikan terakhir, sertifikasi yang dimiliki, serta keahlian yang dimiliki.

4. Pilih layanan jobfair yang tersedia


Setelah profil lengkap, kamu bisa mulai mencari perusahaan yang sesuai dengan minat dan keahlianmu di jobfair online yang tersedia.
Dalam dasboard profil, klik "Layanan" dan pilih layanan jobfair yang tersedia. Jika sudah memilih jobfair yang ingin diikuti, pilih "Ikut sebagai pencaker".

Setelah mengikuti jobfair dan melamar pekerjaan di perusahaan yang Anda pilih, persiapkan diri Anda jika dihubungi untuk melakukan sesi wawancara online dengan perekrut.

Panduan lengkap cara pendaftaran mengikuti dan daftar jobfair secara online dari Kemnaker, bisa Anda unduh melalui link berikut ini Panduan daftar Jobfair Online

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, mengikuti jobfair online bisa menjadi langkah efektif dalam mencari pekerjaan. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk memperluas jaringan dan menemukan karir yang sesuai dengan impian Anda.