Jakarta (ANTARA) -
Pergi ke luar negeri menjadi impian sebagian banyak orang, terutama sambil bekerja dan memiliki penghasilan dengan mata uang asing.

Lantas, bagaimana syarat daftar kerja di luar negeri?
Seseorang yang bekerja di luar negeri disebut sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI). Hak dan kewajiban para pekerja migran pun telah dilindungi oleh pemerintah dengan adanya Undang-Undang No. 18 tahun 2017.

Bagi yang memiliki impian bekerja di luar negeri, perlu mengetahui terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa diterima perusahaan luar negeri. Persyaratan ini akan lebih baik jika dipersiapkan dari jauh-jauh hari, lho.

Berikut ini adalah syarat lengkap tentang mendaftar kerja di luar negeri.

Syarat daftar kerja di luar negeri


Berdasarkan UU No. 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dalam pasal 5, pekerja wajib memenuhi syarat sebagai berikut.
  • Usia minimal 18 tahun
  • Memiliki kompetensi
  • Tubuh yang sehat jasmani dan rohani
  • Telah terdaftar dan memiliki nomor peserta Jaminan Sosial
  • Melengkapi dokumen lainnya yang telah disyaratkan perusahaan
Sementara dokumen-dokumen umum yang perlu dilengkapi berdasarkan pasal 13 dalam undang-undang yang sama yakni sebagai berikut.

  • Bagi yang sudah menikah, wajib melampirkan surat keterangan status perkawinan atau fotokopi buku nikah.
  • Surat keterangan izin terhadap suami atau istri, orang tua, atau wali yang diketahui kepala desa atau lurah dimana tempat tinggal.
  • Melampirkan sertifikat kompetensi kerja.
  • Surat keterangan sehat berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi.
  • Data diri seperti paspor diterbitkan oleh kantor imigrasi.
  • Visa kerja.
  • Surat perjanjian penempatan pekerja migran Indonesia.
  • Surat perjanjian kerja.
Selain itu, terdapat dokumen utama yang perlu dipersiapkan saat melamar, seperti surat lamaran, CV, hingga portofolio yang menunjukkan kemampuan yang Anda miliki.

Bekerja di luar negeri tidak hanya mempunyai penghasilan mata uang asing saja, terdapat beberapa keuntungan lain yang dapat meningkatkan kualitas hidup serta pengalaman individu pekerja.

Keuntungan bekerja di luar negeri
1. Meningkatkan kualitas diri
Bekerja di luar negeri memberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan profesional dan kepribadian diri. Hal ini akan menuntut diri jadi lebih mandiri, disiplin, dan mampu beradaptasi dengan berbagai tantangan di lingkungan baru, terutama di negara asing.

Pengalaman ini juga dapat memperkaya pengetahuan dan kemampuan, sehingga dapat membuat perkembangan kualitas diri menjadi lebih baik.
2. Pengembangan karir
Bekerja di luar negeri bisa menjadi batu loncatan untuk mengembangkan karir. Banyak perusahaan internasional yang menawarkan jenjang karir dan kesempatan bekerja dengan para profesional berpengalaman.

Selain itu, pengalaman bekerja di luar negeri akan menjadi nilai tambah bagi individu dan sangat dihargai oleh perusahaan manapun.
3. Mengenal budaya baru
Hidup di negara lain memungkinkan akan merasakan kebudayaan baru, yang meliputi cara berkomunikasi, budaya kerja, hingga kebiasaan sehari-hari.

Pengalaman ini dapat memperluas wawasan dan mengembangkan pemahaman lebih dalam tentang perbedaan budaya dan cara pandang, yang pada akhirnya dapat meningkatkan relasi dan hubungan baik dengan banyak rekan kerja.
4. Memiliki kemampuan bahasa asing
Bekerja di luar negeri tentunya akan menggunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah kesempatan untuk memperlancar kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris atau bahasa lokal negara tujuan bekerja.

Kemampuan berbahasa asing yang baik akan sangat menguntungkan di dunia kerja, baik di dalam maupun luar negeri, dalam perihal komunikasi dan menjalin hubungan dengan orang sekitar.
5. Membangun relasi yang luas
Ketika bekerja di luar negeri, kamu akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, baik dari rekan kerja hingga klien.

Hal ini memungkinkan Anda untuk membangun hubungan relasi yang lebih luas, yang dapat mendukung pengembangan karir atau peluang bisnis yang Anda miliki.
6. Pengalaman tingkat internasional
Bekerja di luar negeri memberikan pengalaman kerja di tingkat internasional, yang memperkuat daya saing di dunia kerja global.

Pengalaman internasional ini tidak hanya memperkaya portofolio, tetapi juga menunjukkan kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda dan mampu menghadapi tantangan global. Hal ini dapat menjadi nilai lebih di mata perusahaan manapun.