Mataram (ANTARA) - Penjabat Bupati Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Juaini Taofik menerima Rencana Induk (Master Plan) Daya Tarik Wisata Cemara Siu di Sembalun dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.

"Pemkab Lombok Timur akan segera memanfaatkan master plan Cemara Siu tersebut dalam upaya pengembangan pariwisata dan peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Muhammad Juani Taofik melalui keterangan tertulisnya di Mataram, Selasa.

Penyerahan master plan tersebut berlangsung pada acara rutin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Weekly Brief with Sandi Uno yang berlangsung di Jakarta.

Baca juga: Pemkab Lombok Timur bentuk Ranperda pembangunan pariwisata

Menurut dia, master plan tersebut telah dinanti-nanti seluruh pihak mulai dari penggiat pariwisata hingga pemerhati lingkungan, mengingat Cemara Siu berada di kawasan Sembalun yang merupakan bagian dari Geopark Gunung Rinjani.

"Keberadaan master plan ini akan semakin meningkatkan semangat stakeholder pariwisata di Lombok Timur. Terlebih melihat tren kunjungan wisatawan yang terus mengalami peningkatan," katanya.

Ia mencontohkan pada 2023 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lombok Timur mencapai 53 ribu orang. Sedangkan pada 2024 ini, sampai September saja angkanya sudah mencapai 94 ribu wisatawan.

Baca juga: Pemkab Lombok Timur menyiapkan transportasi umum ke wisata Rinjani

"Ada peningkatan kunjungan wisatawan di Lombok Timur," katanya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengemukakan, selain Cemara Siu di Lombok Timur, terdapat tiga destinasi lainnya yang master plan-nya juga diserahkan, yaitu Air terjun Tekaan Telu di Tomohon (Sulawesi Utara), Pulau Dodola di Kabupaten Pulau Morotai (Maluku Utara), dan Pulau Kumala, Kota Tenggarong (Kutai Kertanegara).

Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi kepada tim penyusun master plan yang melibatkan akademisi di masing-masing destinasi.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno kagumi eksotisnya Lombok

Weekly Brief witah Sandi Uno merupakan format temu pers Kemenparekraf yang menyuguhkan informasi terkini perkembangan program serta kebijakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.