Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) mengecek kesiapan lokasi penginapan tamu negara berikut lintasannya menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2024.
"Kami melakukan monitor kesiapan lintasan dan penginapan tamu negara yang berada di Jalan Sudirman-Thamrin, gedung DPR-MPR, dan Istana Negara menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Ganjar sebut bakal hadiri pelantikan Prabowo-Gibran
Dhany menyebut pengecekan tersebut melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) di lingkungan Pemkot Jakpus ini bertujuan menyukseskan pelantikan yang difokuskan kepada kesiapan infrastruktur yang nantinya akan dilewati.

"Kita sisir mulai dari Patung Pemuda, FX Sudirman, Gatot Subroto, Sudirman-Thamrin sampai ke Istana Negara sambil dilihat kembali apakah ada yang perlu dibenahi," ujar Dhany.

Dhany mengaku dirinya sudah mengecek lokasi perlintasan di depan salah satu hotel kawasan Senayan, Gelora, Tanah Abang, kemarin.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Akan ada 21 tamu kenegaraan saat pelantikan Presiden
Usai melakukan pengecekan, kata Dhany, pihaknya akan melakukan evaluasi dan kegiatan bersih-bersih yang melibatkan seluruh pasukan warna warni untuk memastikan keindahan kota dalam menyambut tamu negara.

Pasukan tersebut terdiri dari personel Suku Dinas Lingkungan Hidup (pasukan oranye), Suku Dinas Bina Marga (biru), Suku Dinas Sumber Daya Air (kuning), Suku Dinas Pertamanan dan Huta Kota (hijau), Suku Dinas Sosial (ungu), dan lainnya.

"Kita fokuskan pada pembersihan trotoar, penghijauan, dan memperindah taman, sekaligus pembenahan infrastruktur," ucap Dhany.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengecek lokasi perlintasan di depan salah satu hotel kawasan Senayan, Gelora, Tanah Abang, Senin (14/10/2024). ANTARA/HO-Pemerintah Kota Jakarta Pusat.

Adapun kegiatan bersih-bersih dan pengecekan infrastruktur di Jakarta Pusat ini rutin dilakukan dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan warga. Namun, adanya agenda pelantikan ini membuat Pemkot Jakarta Pusat lebih gencar melakukan pengecekan.
"Sebenarnya ada kegiatan atau tidak ada kegiatan rutin kita lakukan pemeliharaan infrastruktur kota, tapi untuk tanggal 20 ini kita lebih gencarkan lagi," ucap Dhany.

Baca juga: MPR serahkan surat undangan pelantikan Presiden-Wapres kepada Gibran
Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10) mendatang.

Prosesi pelantikan itu akan digelar di Gedung MPR serta disaksikan seluruh anggota legislatif.

Setelah itu, Prabowo dan Gibran direncanakan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden 2014-2019 dan 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi).