Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami rangkum berita politik terpopuler kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengawali pagi Anda.

Prabowo pastikan seluruh calon menterinya sanggup jalankan penugasan

Calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto memastikan calon menteri, calon wakil menteri, dan calon kepala badan yang dia panggil ke kediamannya, Jakarta, Senin, sanggup menjalankan tugasnya di kabinet pemerintahan ke depan.

Prabowo dalam jumpa pers di depan gerbang kediamannya, Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, Senin, menyebut dia sebetulnya telah cukup lama memantau para calon menterinya, berdiskusi, dan menyatakan keinginannya menjadikan mereka sebagai menteri, wakil menteri, dan kepala badan di pemerintahan ke depan.

"Sebelum saya undang ke sini sebenarnya mereka sudah menyatakan bersedia membantu saya. Sebetulnya, hari ini hanya mengonfirmasi. Saya konfirmasi, saya yakinkan mereka bersedia atau tidak bantu saya di bidang yang saya tawarkan kepada mereka. Alhamdulillah, semuanya menyatakan sanggup," kata Prabowo Subianto.

Selengkapnya klik di sini.

Prabowo undang 49 tokoh ke rumahnya

Sebanyak 49 tokoh yang disebut sebagai calon menteri diundang untuk bertemu calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto di rumahnya, kawasan Kartanegara IV, Jakarta Selatan, Senin.

Mereka dipanggil untuk ditempatkan di posisi pos kementerian yang telah dipersiapkan Prabowo.

Para tokoh itu terdiri atas politisi, akademisi, hingga menteri era Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Selengkapnya klik di sini.

Wakil Ketua MPR: Akan ada 21 tamu kenegaraan saat pelantikan presiden

Wakil Ketua MPR RI Abcandra Muhammad Akbar Supratman menyebutkan bakal ada sekitar 21 tamu kenegaraan dari negara-negara sahabat termasuk negara-negara ASEAN pada saat Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Hasil Pemilu 2024 menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029.

"Ada 21 kalau enggak salah, negara-negara ASEAN, kepala negara-kepala negara," kata Abcandra usai kegiatan Silaturahmi Kebangsaan MPR RI bersama calon wakil presiden terpilih pada Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka di Jakarta, Senin.

Pelantikan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029 akan digelar di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024.

Selengkapnya klik di sini.

Gibran serahkan pemilihan menteri kepada Prabowo walau sudah tahu bocoran

Calon wakil presiden terpilih pada Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka menyerahkan pemilihan calon menteri kepada calon presiden terpilih pada Pilpres 2024 Prabowo Subianto untuk penyusunan kabinet pemerintahan mendatang walaupun dia sudah mengetahui bocorannya.

Gibran mengaku sudah mendapatkan bocoran-bocoran tentang nama calon menteri itu ketika menghadiri pertemuan Prabowo dan Presiden RI Joko Widodo saat agenda makan siang pada hari Minggu (13/10).

"Saya sudah mendapatkan sedikit bocoran waktu kemarin makan siang dan sekali lagi kita hormati pilihan dari Pak Presiden Terpilih," kata Gibran setelah bertemu dengan para pimpinan MPR RI di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

Satgas 641/Bru bagikan seragam ke pelajar di Kurima

Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif 641/Beruang membagikan seragam sekolah ke SD di Kampung Eroma, Distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Selain untuk pelajar, bantuan pakaian layak pakai juga diberikan ke warga di kampung tersebut .

Komandan Pos Kurima Yonif 641/ Bru Lettu Arsini , Senin di Kurima mengakui, kegiatan yang dilaksanakan prajurit itu disambut gembira warga setempat.

"Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pembinaan teritorial itu disambut antusias warga kampung Eroma," katanya.

Selengkapnya klik di sini.