Jakarta (ANTARA) - PAM Jaya menyatakan terus berupaya agar warga DKI mendapatkan akses yang layak terhadap air bersih dan salah satu cara mewujudkannya melalui pencanangan pembangunan gedung Sentra Pelayanan di Jalan Penjernihan II, Pejompongan, Jakarta Pusat.

Gedung ini dirancang sebagai pusat pelayanan air bersih dalam mewujudkan komitmen cakupan pelayanan air bersih secara menyeluruh di Jakarta.

Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin dalam keterangannya di Jakarta, Senin, menuturkan gedung Sentra Pelayanan tersebut mulai dibangun pada April 2024 dan diharapkan dapat beroperasi mulai Oktober 2027.

Baca juga: PAM JAYA optimis capai 100 persen cakupan air bersih pada 2030

Gedung ini terdiri dari sebelas lantai dengan fasilitas basement parkir, pelayanan pelanggan terpadu, pusat informasi untuk layanan pelanggan, museum air sebagai sarana edukasi, ruang kerja untuk penambahan jumlah karyawan, serta ruang multifungsi dan fasilitas olahraga untuk karyawan.

Dia mengklaim pembangunan ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk meningkatkan pelayanan air bersih serta memperhatikan aspek edukasi dan keberlanjutan dalam pembangunan.

"Kami percaya bahwa dengan pendekatan ini, kami dapat memberikan layanan yang lebih baik dan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat," kata Arief.

PAM Jaya, sambung dia, juga akan menyediakan museum air dan laboratorium pengolahan air sebagai sarana edukasi dalam mendukung kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pemanfaatan air perpipaan.
Warga mengisi air ke jeriken di kios air PAM Jaya, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (9/9/2024). Kios air dengan kapasitas 4000 liter air itu menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga yang belum memiliki akses air perpipaan dan dijual seharga Rp500 hingga Rp1.000 per jeriken. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/tom.
Baca juga: PAM JAYA dapat tambahan pasokan air dari Waduk Jatiluhur

"Harapannya, fasilitas ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengelolaan dan pentingnya air bersih," demikian kata Arief.

Hingga Juni 2024, PAM JAYA tercatat sudah melayani sekitar 941.341 pelanggan di Jakarta atau sekitar 46,69 persen dari target 2.016.011 pelanggan pada tahun 2030.

Sementara itu, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap hadirnya gedung Sentra Pelayanan PAM Jaya dapat mempercepat dan meningkatkan kualitas layanan air bersih kepada pelanggan melalui sistem terpadu yang efisien.

"Saya berharap pembangunan gedung ini dapat mempercepat dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan melalui sistem terpadu yang efisien, " kata dia.

Baca juga: DKI raih 269 penghargaan selama kepemimpinan Heru Budi
Baca juga: Heru Budi nyatakan masa jabatannya akan usai pada 17 Oktober