Jakarta (ANTARA) - Proyek rumah susun aparatur sipil negara (ASN) 3 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk mendapatkan dua penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Proyek tersebut meraih rekor MURI sebagai proyek dengan instalasi tata suara dan jaringan internet tercepat, demikian rilis pers yang diterima, di Jakarta, Senin.

Tata suara merupakan infrastruktur penting dalam sebuah bangunan yang berfungsi sebagai media komunikasi, khususnya saat terjadi keadaan darurat.

Sistem jaringan di rumah susun ASN 3 telah dilengkapi dengan teknologi Gigabit Passive Optical Network (GPON) yang berbasis serat optik. Teknologi ini memungkinkan penyediaan layanan internet berkecepatan tinggi.

Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita mengatakan setiap unit rumah susun nantinya dapat terhubung ke jaringan GPON untuk memberikan akses internet.

“GPON dapat mendukung layanan tambahan seperti TV kabel dan telepon,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa kedua instalasi tersebut akan sangat bermanfaat bagi para ASN yang bermukim di sana, memudahkan aktivitas sehari-hari dan memberikan rasa aman serta nyaman berkat adanya fasilitas tata suara dan komunikasi yang lengkap.

Ermy menyatakan, Waskita terus berkomitmen mengerjakan setiap proyek termasuk bangunan ASN 3 secara maksimal dan memperhatikan kualitasnya. Perseroan, kata dia lagi, selalu menghadirkan inovasi dalam pembangunan proyek agar pekerjaan menjadi lebih efisiensi dan tepat mutu.

Kompleks rumah susun ASN 3 di IKN dibangun di atas lahan seluas 4,3 hektare dan terdiri dari enam menara hunian setinggi sepuluh lantai. Setiap menara dilengkapi dengan tiga lantai podium yang menyediakan berbagai fasilitas umum dan sosial.

Kompleks hunian ini menyediakan total 360 unit dengan luas masing-masing 98 meter persegi, yang dapat menampung hingga 1.440 penghuni. Setiap unit dilengkapi dengan satu kamar tidur utama, dua kamar tidur anak, dua kamar mandi, ruang makan, ruang keluarga, ruang cuci, dan dapur.

Hunian ASN 3 adalah salah satu dari 12 proyek pembangunan di IKN yang dikerjakan oleh Waskita Karya dengan nilai kontrak keseluruhan mencapai Rp7,7 triliun. Khusus untuk proyek rumah susun ASN 3, nilai kontraknya mencapai Rp1,13 triliun.
Baca juga: Jokowi tak ingin paksakan ASN pindah ke IKN September jika belum siap
Baca juga: Menteri PUPR sebut 14 tower rusun ASN IKN selesai dan "full furnished"