Jakarta (ANTARA) - Dalam dunia kerja, tentunya bisa bekerja di luar negeri dapat menjadi suatu kebanggaan dan impian sebagian banyak orang. Apakah bisa mencari lowongan kerja di luar negeri?

Untuk mewujudkan pekerjaan impian, mencari lowongan kerja di luar negeri bisa dilakukan melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau Kemnaker.

Kemnaker telah menyediakan fasilitas layanan resmi bagi para pencari kerja yang ingin berkarier di luar negeri. Fasilitas ini bisa digunakan oleh seluruh masyarakat melalui portal Karirhub.

Karirhub merupakan platform online penyedia lowongan dan perekrutan kerja yang dikelola langsung oleh Kemnaker, sehingga sudah terjamin aman dan terhindari dari perusahaan ilegal.

Dengan adanya Karirhub, Kemnaker memberikan akses langsung kepada pencari kerja untuk menemukan kumpulan posisi lowongan kerja dari berbagai negara tujuan.

Negara-negara yang sudah bekerja sama dan tervalidasi oleh Kemnaker antara lain seperti Taiwan, Malaysia, Hong Kong, Singapura, Brunei, dan Arab Saudi.

Kemnaker tidak hanya memberikan informasi lowongan, tetapi juga memastikan calon pekerja dilengkapi dengan pelatihan dan sertifikasi. Para pencari kerja juga bisa mendaftarkan diri dengan ikut pelatihan melalui portal Skillhub.

Sebelum melamar pekerjaan di luar negeri melalui Kemnaker, penting bagi pelamar untuk menentukan jenis pekerjaan yang ingin dilamar. Dalam Karirhub, tersedia fitur Job Matching yang bisa digunakan para pencari kerja untuk mencari jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan atau kualifikasi yang dimiliki.

Kemudian, pilih negara dan perusahaan tujuan. Lakukanlah riset terkait budaya kerja hingga gaji yang umumnya didapatkan pekerja di negara dan perusahaan tersebut. Hal ini sangat penting untuk persiapan bekerja, terutama saat sesi perkenalan atau interview.

Lowongan pekerjaan luar negeri melalui Karirhub di Kemnaker tersedia untuk berbagai kalangan jenjang pendidikan, mulai dari SMA/SMK, diploma, hingga sarjana.

Cara cari lowongan pekerjaan luar negeri di Kemnaker
Bagi yang tertarik mencari kerja di luar negeri, berikut cara mencari lowongan pekerjaan luar negeri di Kemnaker.

  1. Pastikan Anda sudah membuat akun SISNAKER dan lengkapi profilnya.
  2. Buka webiste dan kunjungi situs karirhub.kemnaker.go.id/lowongan-luar-negeri
  3. Klik "Cari lowongan kerja" dan ketik jenis lowongan pekerjaan serta nama negara yang diminati.
  4. Perhatikan syarat kerja yang dibutuhkan, seperti jenjang pendidikan, jenis kelamin, batas usia, hingga status pernikahan.
  5. Jika sudah menemukan pekerjaan yang sesuai, lengkapi dokumen persyaratan dan ajukan lamaran pekerjaan.
  6. Selesai ajukan lamaran, tunggu beberapa lama untuk informasi pengumuman dari perusahaan yang di lamar melalui email yang didaftarkan. Jangan lupa untuk di periksa secara berkala.
Selain melamar pekerjaan di luar negeri melalui Kemnaker secara online, Anda juga bisa mencari tahu lowongan kerja di luar negeri dan melamarnya dengan mendatangi kantor Depnaker di wilayah kota tempat tinggal Anda.

Demikian cara mencari lowongan kerja luar negeri di Kemnaker. Melalui Kemnaker, para pencari kerja tidak dipungut biaya apapun dan telah terjamin integritas perusahaan pemberi kerja. Sudah tertarik untuk bekerja di luar negeri?


Baca juga: Kemnaker perkuat ekosistem ketenagakerjaan dukung pembangunan SDM

Baca juga: Kartu kuning pencari kerja, pengertian dan manfaatnya

Baca juga: Syarat dan cara membuat kartu kuning pencari kerja