Jakarta (ANTARA) - Korlantas Polri mengatakan penganugerahan tanda kehormatan Nugraha Sakanti dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada satuan kerja Polri menjadi bukti nyata atas dedikasi, kerja keras, serta inovasi berkelanjutan Korlantas.

“Selama ini kita terus melaksanakan tugas untuk masyarakat, sehingga mungkin ini dilihat oleh negara bahwa kerja keras yang kita lakukan membuahkan hasil meninggalkan kepercayaan kepada masyarakat dan keamanan, ketertiban, serta kelancaran lalu lintas bisa kita realisasikan,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, dilansir dari keterangan di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, Korlantas telah banyak melakukan inovasi dan menghadirkan terobosan-terobosan baru demi meningkatkan pelayanan publik, salah satunya adalah Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Diketahui, ETLE adalah sistem penegakan hukum lalu lintas berbasis elektronik yang diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan pengendara dan mengurangi jumlah pelanggaran lalu lintas di berbagai wilayah.

Selain itu, lanjutnya, penghargaan ini juga merupakan apresiasi atas keberhasilan dalam mengelola arus mudik tahunan. Korlantas berhasil mengurangi kemacetan dan meningkatkan keselamatan perjalanan bagi jutaan orang dengan perencanaan matang dan teknologi yang diterapkan.

Terlebih, partisipasi Korlantas dalam mendukung pengamanan kegiatan nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga pengamanan kegiatan internasional di antaranya, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), perhelatan MotoGP di Mandalika, dan kunjungan kenegaraan, semakin memperkuat peran satuan kerja Polri tersebut dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“(Penghargaan) ini menjadi motivasi kita ke depannya akan lebih baik lagi. Tentu dengan Polantas yang presisi, yang punya integritas, profesional, kolaboratif, dan modern, insyaallah ke depan kita masih tetap bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Pada Senin ini, Presiden Jokowi menganugerahkan tujuh tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja Polri dalam apel Operasi Mantap Brata 2024 dalam rangka pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih di Mako Brimob, Depok.

Tujuh satuan kerja yang menerima tanda kehormatan tersebut adalah Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri dan Pusdokkes Polri.

Sebagai informasi, Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada sebuah kesatuan Polri. Tanda kehormatan Nugraha Sakanti diberikan kepada satuan yang dinilai telah berjasa dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.


Baca juga: Kapolri: Pemberian Nugraha Sakanti oleh Presiden jadi amanah
Baca juga: Sukses saat pandemi hingga Escobar, Jokowi anugerahi Polri tanda jasa
Baca juga: Jokowi beri tanda penghormatan untuk tujuh satuan kerja Polri