Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan berbagai bantuan senilai Rp592 juta untuk korban terdampak banjir bandang dan longsor di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Dalam rilis yang disiarkan di Jakarta pada Senin, bantuan itu berupa satu unit tenda serbaguna, lima unit tenda keluarga portable, 100 lembar tenda gulung, 100 lembar selimut, dan 100 lembar kasur.

“Untuk hari ini (14/10) ada logistik dari gudang Sentra Insyaf Medan, baru tiba di lokasi,” kata petugas Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos Agus Setyo Wibowo.

Ia menambahkan Kemensos juga turut menyalurkan bantuan berupa 163 paket makanan anak, 230 paket makanan siap saji, 100 paket sandang pangan, 100 paket sandang dewasa, 100 paket family kit, dan 100 paket kidware.

Bantuan itu, lanjutnya, saat ini ditempatkan di kantor Dinas Sosial Aceh Tengah.

Baca juga: Pj Bupati Aceh Tengah imbau warga waspadai bencana di musim penghujan
Baca juga: BNPB sebut jumlah korban longsor di Aceh Tengah masih pendataan
Sebagai informasi, hujan deras yang berlangsung sejak Senin (7/10/2024) hingga Rabu (9/10/2024) menyebabkan banjir dan longsor di empat desa di Aceh Tengah.

Bencana tersebut berdampak pada sedikitnya seratus unit rumah. Sebanyak enam rumah hancur akibat banjir dan enam rumah lainnya rusak berat karena disapu longsor. Bencana itu juga menyebabkan empat orang meninggal. Keempat orang ini merupakan satu keluarga dari Desa Amung Ara, Kecamatan Celala.

Adapun tim dari Kemensos yang terdiri dari Tagana dan petugas Direktorat PSKBA sudah melakukan respons cepat melalui koordinasi awal dengan pemerintah daerah dan instansi terkait dalam penanganan dampak bencana.

“Per hari ini (14/10), masyarakat sudah melakukan pembersihan rumah yang terdampak dan mulai melakukan aktivitas sehari-hari,” imbuh Agus.

Menurutnya, masyarakat terdampak yang rumahnya tidak dapat ditempati memilih untuk mengungsi ke rumah kerabatnya. Selain itu, pemerintah setempat juga telah mendistribusikan bantuan berupa 20 paket sandang dewasa dan 32 paket sandang anak-anak.

Baca juga: BPBA: Satu keluarga meninggal tertimbun tanah longsor di Aceh Tengah
Baca juga: 28 kepala keluarga terisolir di Aceh Tengah akibat banjir bandang
Baca juga: BPBD: Jalan Takengon-Gayo Lues tertimbun longsor sudah normal kembali