Jakarta (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Muhammadiyah bekerja sama untuk meningkatkan ekosistem Islam di Tanah Air melalui pembangunan Masjid Padepokan KH Ahmad Dahlan di Yogyakarta.

Direktur Retail Banking BSI Harry Gusti Utama menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjalin kolaborasi berkelanjutan dalam membangun kemandirian ekonomi umat lewat optimalisasi lingkungan masjid.

“Saat ini kami terus menggali kemungkinan potensi melalui kerjasama pengelolaan keuangan masjid serta kerjasama program keumatan di sejumlah masjid di Indonesia, salah satunya di Yogyakarta,” ujar Harry Gusti Utama di Yogyakarta, Senin.

Dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta, ia mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah bekerja sama dengan lebih dari 55 ribu masjid di Indonesia dengan nilai dana yang dikelola lebih dari Rp5,8 triliun.

Ia berharap upaya pengelolaan dana masjid yang baik tersebut dapat membantu ekosistem masjid untuk terus tumbuh dan memberikan manfaat bagi umat.

Harry optimis bahwa kehadiran Masjid Padepokan KH Ahmad Dahlan akan membawa banyak kemaslahatan bagi masyarakat di sekitarnya.

“Kiai Haji Ahmad Dahlan merupakan seorang ulama besar bergelar Pahlawan Nasional Indonesia dan pendiri Muhammadiyah. BSI yakin nantinya Masjid Ahmad Dahlan ini akan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat Yogyakarta dan para jamaah yang beribadah di masjid tersebut,” katanya.

Masjid Padepokan KH Ahmad Dahlan dibangun di atas lahan seluas 358 m2. Selain dipergunakan untuk sarana ibadah, kompleks masjid tersebut juga didesain untuk menjadi tempat pembelajaran dan pengkajian agama Islam, syiar dakwah, muamalah, serta pusat informasi dan kajian sejarah mengenai KH Ahmad Dahlan.

Pembangunan masjid tersebut diinisiasi oleh cucu dan cicit KH Ahmad Dahlan, seorang tokoh nasional yang termasuk pendiri salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, Persyarikatan Muhammadiyah.

BSI mendukung pendanaan pembangunan masjid tersebut bersama dengan beberapa BUMN lainnya. Perseroan sebelumnya telah membangun sejumlah masjid yang di antaranya berlokasi di kawasan wisata Bromo, Bakauheni Lampung, Rest Area Cipali KM 166, dan rest Area Cipularang KM 88.

Baca juga: Pertahankan kinerja positif, BSI lakukan empat strategi penguatan
Baca juga: BSI buka 470 outlet weekend banking selama Oktober