Banjar, Kalsel (ANTARA) - Duta Besar Norwegia untuk Indonesia dan Timor Leste Mrs Rut Kruger Giverin menyebut Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memiliki komitmen yang kuat menyukseskan program FOLU Net Sink 2030.

“Kami sudah bekerja sama dengan Indonesia. Program Ini sebagai upaya menurunkan emisi gas rumah kaca sektor hutan,” kata dia usai kick off program FOLU Net Sink 2030 Wilayah Kalsel di Desa Arfat, Kabupaten Banjar, Senin.

Rut Kruger Giverin mengatakan program ini merupakan upaya mitigasi perubahan iklim dan mendukung tercapainya target FOLU Net Sink sebesar 140 juta ton CO2eq guna memastikan penyerapan emisi karbon lebih besar daripada emisinya pada 2030.

“Ini pertama kalinya saya datang ke Kalsel. Saya senang bisa menanam pohon dalam rangka merehabilitasi hutan dan lahan untuk penurunan emisi karbon,” ujarnya.

Dalam kunjungan di Kalsel bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), dia berdiskusi dengan berbagai pemangku kepentingan, sehingga dia menilai bahwa Kalsel telah melakukan berbagai upaya guna mendukung pengelolaan hutan dan lahan dengan baik.

Dia mengatakan, hal yang lebih mengesankan adalah kekompakan kelompok tani hutan di lokasi kick off FOLU Net Sink berkat kolaborasi dengan pemerintah daerah sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik di Kalsel.

Namun, Rut Kruger Giverin juga mengingatkan bahwa perubahan iklim merupakan tantangan global yang memerlukan koordinasi dan kerja sama semua pihak, dan tanpa partisipasi kemitraan penanggulangan perubahan iklim ini menjadi upaya yang cukup berat.

Karena itu, dia mengatakan salah satu kunci keberhasilan adalah melibatkan dukungan semua pemangku kepentingan mulai dari pusat, daerah, swasta, serta masyarakat.

“Kami menyadari pentingnya partisipasi aktif dari masyarakat dan pemerintah daerah untuk mendukung upaya penurunan emisi. Provinsi Kalsel telah menunjukkan komitmen bersama dalam upaya penanggulangan perubahan iklim, semoga kerja sama ini membuahkan hasil yang baik,” ujar Duta Besar Norwegia.

Baca juga: Menteri LHK: Upaya tekan deforestasi Indonesia dapat sorotan global
Baca juga: Menteri LHK: Kalsel jadi percontohan rehabilitasi hutan dan lahan