Jakarta (ANTARA) -
Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024 nomor urut satu (1) Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) akan membentuk Dana Abadi Kebudayaan untuk mendukung pelestarian budaya Betawi melalui program secara lebih terstruktur dan berkelanjutan.

"Program perhatian utama RIDO adalah pembentukan Dana Abadi Kebudayaan, untuk mendukung berbagai inisiatif budaya secara lebih efektif dan berkelanjutan, " kata calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024 nomor urut 1, Suswono saat mengunjungi kantor Bens Radio, Tangerang Selatan, Senin.

Suswono menjelaskan pihaknya percaya bahwa budaya adalah warisan leluhur yang tak ternilai harganya.

“Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk memperjuangkan pelestarian budaya Betawi melalui program-program nyata, termasuk dengan membentuk kelembagaan adat dan budaya Betawi serta mendukung ruang-ruang kebudayaan seperti Bens Radio ini,” jelasnya.

Suswono juga menyinggung soal Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Pengembangan Daerah Khusus Jakarta (PDKJ) yang mengamanatkan pembentukan dana abadi kebudayaan.

Baca juga: Bawaslu DKI cegah pelanggaran kampanye hingga masa tenang Pilkada
"Dana ini akan dikelola secara efektif, transparan dan akuntabel untuk mendukung program-program pelestarian budaya, " ucapnya.

Sementara itu Beni Pandawa Benyamin, anak kelima mendiang Benyamin Sueb sekaligus Direktur Utama Bens Radio dan Ketua Yayasan Benyamin Sueb, mengapresiasi program dari pasangan RIDO terkait pelestarian budaya itu.


“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari pasangan RIDO, yang memiliki komitmen nyata untuk memelihara dan mengembangkan kebudayaan Betawi. Dukungan ini sangat berarti bagi kami, terutama dalam menjaga eksistensi budaya Betawi di tengah modernisasi kota Jakarta, " katanya.
Beni juga berharap program-program yang diusung, termasuk Dana Abadi Kebudayaan, dapat memperkuat upaya pelestarian budaya Betawi agar terus eksis dan berkembang, menjadi bagian integral dari wajah Jakarta sebagai kota yang modern namun tetap menghargai kearifan lokal.


"Komitmen seperti yang ditunjukkan oleh pasangan RIDO merupakan langkah positif dalam mempertahankan identitas budaya di tengah kemajuan kota, " ucapnya.

Baca juga: KPU Kepulauan Seribu ajak pemilih gunakan hak pilih di Pilkada Jakarta
Dalam kunjungannya, Suswono menyampaikan apresiasi yang mendalam atas upaya Bens Radio karena sejak 1990 terus menjaga eksistensi dan mengembangkan kebudayaan Betawi melalui siarannya.

“Bens Radio telah menjadi ruang kebudayaan yang berharga bagi masyarakat Betawi dan seluruh warga Jakarta. Kami sangat menghargai upaya Bens Radio yang terus melestarikan seni, tradisi dan nilai-nilai Betawi, yang merupakan warisan penting bagi generasi mendatang,” ujar Suswono.

Berdasarkan hasil undian pengambilan nomor urut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta.