Jakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi iForte dan Protelindo Group menyelenggarakan National Dance Competition bertema “Inspirasi Diri” yang mengajak para pelajar SMA hingga universitas untuk berkompetisi di bidang seni tari dengan mengedepankan budaya Nusantara.

Kompetisi ini diharapkan dapat membuka kesempatan bagi generasi muda untuk menunjukkan bakat dan kreativitas seni melalui tarian yang dipadukan lagu pop "Inspirasi Diri" yang menonjolkan kekayaan budaya Indonesia, seperti dikutip dari siaran pers Penyelenggara "National Dance Competition 'Inspirasi Diri' di Jakarta, Senin.

"Inspirasi Diri" merupakan hasil kolaborasi antara gitaris Sheila on 7 Eross Candra dan penyanyi Yura Yunita, bersama Yuyun Arfah, Yan Josua, Batavia Madrigal Singers, gitaris muda Abim Finger, El Pitu Candra dan musisi tradisional Dunung Basuki.

Pendaftaran National Dance Competition 'Inspirasi Diri' telah dibuka hingga 26 November 2024. Pendaftaran terbuka bagi seluruh pelajar SMA/SMK sederajat dan mahasiswa mewakili berbagai sekolah dan universitas di Indonesia,"

Baca juga: Ajang musik dan tari Pucuk Cool Jam kembali digelar setelah tiga tahun

"Dalam format grup tari, peserta akan melalui beberapa tahap penilaian hingga babak Grand Final di Jakarta. Setiap grup diminta untuk mengunggah video tari dengan lagu 'Inspirasi Diri' untuk maju ke babak penyisihan antar sekolah pada regional series yang diadakan di 15 kota besar se-Indonesia," sambung pernyataan itu.

iForte melibatkan 15 kota besar di lima pulau Indonesia antara lain Medan, Batam, Palembang, Lampung, Balikpapan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Jember, Denpasar, dan Makassar. Kota tersebut akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan babak penyisihan regional series secara offline.

Sejak diluncurkan dua bulan lalu hingga pertengahan Oktober 2024, video musik "Inspirasi Diri" telah memperoleh lebih dari 8,4juta tayangan di kanal YouTube Official iForte.

Lagu itu menggabungkan elemen musik pop dengan senandung bahasa Toraja serta chanting Indonesia, dipadu dengan 11 alat musik tradisional Indonesia seperti Fu & Tiffa dari Papua, Talempong, Sarunai, dan Kendang Tindiak dari Sumatera Barat, Bonang Barung, Gender Barung, Rebab, dan Gamelan dari Jawa Tengah, serta Sape dari Kalimantan dan Dol dari Bengkulu.

Vice President Director & Deputy CEO iForte Silvi Liswanda berharap lagu "Inspirasi Diri" dapat memotivasi generasi muda untuk terus belajar dan mengekplorasi diri.

"Agar anak-anak muda bisa melangkah ke depan, eksplor diri, berkelana, terus belajar, bersinergi, dan menghargai semua yang ada untuk menjadi lebih baik ke depannya," tutup Silvi Liswanda yang juga menulis syair lagu "Inspirasi Diri".

Baca juga: Mahasiswa UI juara umum festival tari di Perancis

Baca juga: SMP Indonesia menang kompetisi tari di Polandia