Banda Aceh (ANTARA) - Majelis Pengurus Wilayah Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (MPW ICMI) Aceh berharap pemerintah provinsi hingga Pemerintah Pusat memperhatikan kondisi musibah banjir yang sedang melanda Aceh Singkil dan Aceh secara umumnya.

"Tidak salah jika kita minta bantuan dari pemerintah pusat untuk menangani banjir di Aceh Singkil, dan Aceh secara umumnya," kata Ketua MPW ICMI Aceh, Taqwaddin, di Aceh Singkil, Senin.

Pernyataan itu disampaikan Taqwaddin saat melakukan pelantikan pengurus MPD ICMI Aceh Singkil yang dinahkodai Aslym Combih, di Oproom Setdakab Aceh Singkil.

Sebagai informasi, berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), hingga hari ini terdapat 10 daerah di Aceh yang sedang dilanda musibah banjir dan longsor yang dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi.

Meliputi Kabupaten Aceh Utara, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Nagan Raya, Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan Kota Subulussalam.

Sejauh ini, total korban terdampak sudah mencapai 29.540 jiwa dalam 9.118 kepala keluarga, yang mengungsi 1.259 jiwa dalam 710 kepala keluarga.

Dalam momen pelantikan tersebut, Taqwaddin mengingatkan pengurus ICMI perlu membantu pemerintah setempat memikirkan solusi mengatasi banjir di Aceh Singkil dan tidak boleh pasrah.

Menurut dia, jika tidak mampu diselesaikan daerah, maka harus meminta bantuan Pemerintah Aceh yang memiliki kewenangan lebih, termasuk ke Pemerintah Pusat, mengingat musibah ini terus berulang setiap tahunnya.

"Melalui forum ini saya minta untuk MPD ICMI Singkil untuk serius memberikan kontribusi pemikirannya mengatasi masalah banjir ini dari perspektif hulu ke hilir. Jadi pendekatannya harus holistik," ujarnya.

Baca juga: Kemensos jamin penuhi kebutuhan dasar korban banjir Aceh Tenggara
Baca juga: 20 desa di Nagan Raya Aceh terendam banjir


Salah satu yang dapat dilakukan, lanjut dia, pengurus ICMI bisa membangun komunikasi dan koordinasi dengan semua Anggota DPR RI asal Dapil 1 Aceh, serta dengan berbagai pejabat tinggi kementerian.

"Atau langsung ke Presiden agar beliau mengatasi masalah banjir ini melalui proyek strategis nasional (PSN). Hemat saya, jika masalah ini sampai ke Presiden. Apalagi figur Prabowo yang memang dikenal lebih empati pada persoalan kebencanaan," katanya.

Dirinya menambahkan, upaya mencari solusi banjir ini perlu dipercepat, mengingat Aceh Singkil merupakan daerah hilir dari tujuh kabupaten/kota yaitu Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Subulussalam, Singkil, Pakpak, dan Dairi Sumatera Utara.

"Jadi wajar jika masalah ini ditangani langsung oleh Presiden RI. Jika perlu melalui Pemerintah Pusat lakukan komunikasi internasional dengan negara donor untuk meminta dibantu menyelesaikan masalah ini. Jika kita mau, Insya Allah semua masalah bisa diselesaikan," demikian Pungkas Taqwaddin.

Baca juga: BNPB siapkan bantuan bencana bagi korban banjir dan longsor Aceh
Baca juga: BPBA: Satu keluarga meninggal tertimbun tanah longsor di Aceh Tengah
Baca juga: Pj Bupati Aceh Tengah imbau warga waspadai bencana di musim penghujan