Gorontalo (ANTARA) - Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menjalin kerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Dekan Fakultas Hukum UNG Dr Weny Almoravid Dungga, SH, MH di Gorontalo, Senin, mengatakan kerja sama tersebut sebagai bentuk komitmen dalam memperkuat serta meningkatkan kualitas pendidikan hukum.

Fakultas Hukum UNG menjalin kolaborasi dengan Fakultas Hukum UNESA yang diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS).

Penandatanganan PKS dilakukan antara kedua Dekan Fakultas Hukum, disaksikan jajaran pimpinan dari kedua perguruan tinggi.

Weny mengatakan bahwa kerja sama dengan Fakultas Hukum UNESA menjadi langkah penting untuk memperkuat peningkatan kualitas dalam bidang riset hukum, inovasi, serta peningkatan kualitas lulusan.

"Melalui kerja sama ini kami berharap dapat memperkuat kolaborasi dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam kurikulum, riset bersama, serta pertukaran mahasiswa dan dosen. Hal ini penting sebagai upaya memastikan lulusan dari kedua fakultas hukum lebih siap bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional," kata Weny.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum UNESA Arinto Nugroho, S.Pd, SH, MH mengatakan pentingnya sebuah kerja sama khususnya dalam menghadapi tantangan hukum yang semakin kompleks di era globalisasi.

"Fakultas Hukum UNESA berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi dan dampak positif bagi masyarakat dalam bidang hukum. Melalui kerja sama dengan UNG kami berharap dapat mencetak lulusan yang memiliki kemampuan adaptif dalam merespons dinamika hukum yang berkembang," kata Arinto.

PKS ini mencakup berbagai kerja sama strategis termasuk penelitian bersama di bidang hukum, pertukaran dosen, pengembangan kurikulum berbasis kompetensi, serta penyelenggaraan seminar dan lokakarya ilmiah.

Selain itu, kedua fakultas berharap kolaborasi ini dapat mendorong pengabdian kepada masyarakat melalui kebijakan hukum yang relevan dan memberikan dampak positif bagi perkembangan hukum di Indonesia.

Baca juga: UNG dukung kesejahteraan mental mahasiswa
Baca juga: Magister Administrasi Pendidikan UNG raih akreditasi Unggul