Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) merupakan lembaga pemerintah di Indonesia yang bertanggung jawab dalam mengelola urusan ketenagakerjaan dan perlindungan tenaga kerja.

Kementerian ini memiliki peran penting dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan serta program-program yang berkaitan dengan mengatur, mengelola, dan mengembangkan kebijakan terkait tenaga kerja. Termasuk peningkatan kompetensi dan penyediaan lapangan kerja.

Aplikasi SIAPkerja

Aplikasi SIAPkerja adalah platform yang dirancang oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk membantu masyarakat dalam pencarian lowongan kerja dan dapat mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat lebih mudah menemukan kesempatan kerja yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Melalui SIAPkerja, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan publik dan aktivitas terkait ketenagakerjaan, baik di tingkat dunia maupun lokal.

SIAPkerja menawarkan beberapa layanan utama, diantaranya SkillHub, KarirHub, Sertifikasi, BizHub, dan TalentHub.

SkillHub memberikan kesempatan kepada pekerja untuk meningkatkan keterampilan mereka melalui pelatihan sesuai dengan bidang yang diminati. Sementara itu, KarirHub menyajikan informasi mengenai lowongan pekerjaan, pekerjaan freelance, dan pengembangan karier.

Layanan Sertifikasi ditujukan bagi pekerja yang ingin mendapatkan pengakuan atas keahlian profesional mereka dalam bidang tertentu, kemudian BizHub bertujuan untuk membantu tenaga kerja mandiri dalam memperluas peluang kerja.

Sedangkan TalentHub, merupakan fasilitas dalam program pengembangan kewirausahaan dan pelatihan peningkatan kemampuan sesuai dengan kebutuhan dari industri

Manfaat menggunakan aplikasi SIAPkerja Kemnaker

1. Mempermudah akses informasi lowongan kerja

Aplikasi ini memudahkan pencari kerja untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan program pelatihan dalam satu platform.

2. Meningkatkan keterampilan

Melalui program pelatihan yang ditawarkan, pengguna dapat meningkatkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Mendukung penempatan kerja

SIAPkerja bermanfaat sebagai jembatan antara pencari kerja dan perusahaan, sehingga proses penempatan kerja dapat dilakukan dengan lebih efisien.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Sertifikasi yang diperoleh dapat menjadi modal yang berharga untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak yang menyediakan lowongan pekerjaan.


Baca juga: Persyaratan dan cara daftar di aplikasi SIAPkerja Kemnaker

Baca juga: Cara mengikuti pelatihan kerja gratis dari Kemnaker

Baca juga: Kemnaker perkuat ekosistem ketenagakerjaan dukung pembangunan SDM