Jakarta (ANTARA) - Timnas Nasional Indonesia kini dihuni banyak pemain naturalisasi dari Eropa dengan nilai transfer yang jauh lebih mahal dari rata-rata pemain di Indonesia bahkan Asia.

Pemain naturalisasi itu antara lain Thom Haye, Calvin Verdonk, Ivar Jenner, Justin Hubner, Jay Idzes, Jordi Amat, Maarten Paes, Nathan Tjoe-A-On, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, hingga yang paling baru Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Para pemain naturalisasi itu tidak hanya menawarkan skill yang mumpuni dan masa depan cerah untuk Timnas Indonesia, namun juga memiliki market value yang tinggi.

Berdasarkan situs yang membahas tentang transfer pemain sepak bola, Transfermarkt, berikut adalah lima pemain sepak bola termahal di Indonesia berdasarkan nilai pasar mereka:

5. Maarten Paes

Maarten Vincent Paes adalah penjaga gawang yang bermain untuk klub Major League Soccer, FC Dallas, serta tim nasional Indonesia. Maarten memiliki garis keturunan dari nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur. Kemampuan refleks dan pengorganisasiannya di lapangan menjadikannya salah satu kiper yang diperhitungkan.

Nilai Pasar: Sekitar Rp26,07 miliar.

4. Jay Idzes

Jay Noah Idzes adalah bek tengah yang kini bermain untuk klub Serie A, Venezia FC, dan tim nasional Indonesia. Lahir di Belanda, Idzes adalah keturunan Indonesia. Keberadaannya di lini belakang memberikan kekuatan tambahan bagi pertahanan tim.

Nilai Pasar: Sekitar Rp43,45 miliar.

3. Calvin Verdonk

Calvin Ronald Verdonk adalah bek kiri yang dikenal karena kecepatan dan kemampuan bertahannya. Ia lahir pada 26 April 1997 di Dordrecht, Belanda. Pemain berusia 27 tahun ini memiliki darah Indonesia dari ayahnya. Saat ini, Calvin bermain untuk NEC Nijmegen dan tim nasional Indonesia. Kontribusinya di kedua sektor, baik menyerang maupun bertahan, sangat berarti bagi tim.

Nilai Pasar: Sekitar Rp43,45 miliar.

2. Thom Haye

Thom Jan Marinus Haye atau lebih dikenal Thom Haye merupakan pesepak bola kebangsaan Indonesia-Belanda yang berposisi sebagai pemain tengah, khususnya gelandang bertahan yang bermain untuk Almere City FC dan tim nasional Indonesia. Haye lahir di Amsterdam, Belanda, pada 9 Februari 1995. Kakek Thom Haye diketahui berasal dari Solo, Jawa Tengah, dan neneknya merupakan orang Sulawesi. Kehadirannya di lapangan memberikan stabilitas dan kontrol yang sangat diperlukan untuk mendukung tim.

Nilai Pasar: Sekitar Rp52,14 miliar.

1. Mees Hilgers

Mees Víctor Joseph Hilgers atau yang biasa dikenal dengan nama Mees Hilgers adalah bek tengah profesional yang saat ini bermain untuk klub Eredivisie, FC Twente, serta tim nasional Indonesia. Lahir di Belanda, Hilgers adalah keturunan Indonesia dari ibu yang berasal dari Sulawesi Utara. Usianya yang masih muda memberikan harapan besar bagi kariernya di sepak bola Eropa.

Nilai Pasar: Sekitar Rp121,67 miliar.


Baca juga: Debut mengesankan Mees Hilgers bersama timnas Indonesia

Baca juga: Shin Tae-yong turunkan Mees Hilgers dan Malik Risaldi sejak menit awal

Baca juga: Mees Hilgers, Eliano Reijnders, dan misi tiga poin Indonesia di Riffa