Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk meningkatkan (upgrade) layanan digital aplikasi PGN Mobile agar memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan rumah tangga dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

PGN Mobile versi terbaru dengan logo biru tersebut menjawab kebutuhan energi gas bumi secara lebih lengkap, mudah, dan informatif.

Group Head Marketing, Sales, and Customer Management PGN Edi Armawiria dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan mulai saat ini, aplikasi PGN Mobile hanya dikhususkan untuk pelanggan rumah tangga dan pelanggan kecil (UMKM).

Aplikasi tersebut menjadi pelengkap layanan pemanfaatan gas bumi bagi 555.760 rumah tangga dan 2.017 pelanggan kecil/UMKM.

"Pembaruan aplikasi PGN Mobile menjadi bagian dari target inovasi PGN melakukan digital transformation untuk memenuhi tren kebutuhan masyarakat yang ingin serba cepat dan digital. PGN Mobile pun akan terus dievaluasi dan dikembangkan seiring dengan bertambahnya pelanggan rumah tangga dan UMKM ke depan serta habit digitalisasi masyarakat yang ingin serba cepat dan lengkap," ujarnya.

Baca juga: Inovasi dan transformasi era disrupsi bisnis gas bumi

Edi melanjutkan revamping PGN Mobile mendukung proses pengembangan customer experience dan memperhatikan human centric needs khususnya pelanggan rumah tangga untuk kemudahan proses administrasi pelanggan.

"Baik konten dan desain UI/UX tampilan aplikasi dalam PGN Mobile telah diperbarui agar memberikan excellence service ke para pelanggan," tambahnya.

Bagi pelanggan yang telah mengunduh aplikasi PGN Mobile, hanya perlu mengunduh New PGN Mobile logo biru melalui Play Store atau App Store.

Edi menganjurkan pelanggan menghapus PGN Mobile versi lama, karena aplikasi tersebut tidak dapat digunakan lagi untuk pelanggan rumah tangga dan pelanggan kecil.

Aplikasi PGN Mobile sebelumnya telah berubah nama menjadi Pertiwi Mobile yang diperuntukkan khusus untuk pelanggan komersial dan industri.

Baca juga: PGN tambah SPBG dan MRU di Jakarta 2014

"Pembaruan PGN Mobile tidak mengurangi fitur utama seperti menu tagihan, pengajuan layanan komersial-teknis, catat meter mandiri, dan gas poin," jelasnya.

Selain itu, menurut Edi, fitur-fitur dikembangkan sehingga informatif, mudah dan dilengkapi seperti rincian, historis, status, progres di tiap menu, disertai juga dengan notifikasi sebagai pemberitahuan mengenai informasi-informasi yang dibutuhkan pengguna.

Terdapat kemudahan lainnya, salah satunya ketika tambah ID Pelanggan yang tidak membutuhkan swafoto KTP dan cukup mengisi data pelanggan yang bertujuan untuk keamanan data, sehingga tidak sembarang orang dapat menambah ID Pelanggan.

ID Pelanggan, akan bertambah secara otomatis sampai maksimal lima ID pelanggan dengan data profil pelanggan lebih rinci serta dapat ditambah foto profil atau avatar.

Edi melanjutkan PGN akan terus melakukan akselerasi dan penyempurnaan layanan digital di tengah era digitalisasi saat ini.

"Selain itu, kami juga mengembangkan tambahan layanan fitur-fitur baru ke depannya, di antaranya pembayaran tagihan, layanan pengaduan pelanggan serta fitur menarik lainnya yang cukup diakses dalam genggaman tangan pelanggan tanpa perlu mengunjungi kantor PGN," sebutnya.