Istanbul (ANTARA) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengumumkan pada Minggu (13/10) bahwa pekan mendatang akan difokuskan pada peningkatan kerja sama dengan mitra internasional, di tengah laporan yang menunjukkan keterlibatan pasukan Korea Utara dalam perang Rusia di Ukraina.

Dalam pidato malamnya, Zelenskyy menyoroti aliansi yang semakin dalam antara Rusia dan Korea Utara, dengan menunjukkan bahwa aliansi tersebut telah meningkat dari sekadar transfer senjata menjadi pengerahan pasukan untuk bertempur bersama Rusia, menurut laporan Ukrinform.

"Jelas, dalam keadaan seperti itu, hubungan kami dengan mitra perlu dikembangkan lebih lanjut. Garis depan membutuhkan lebih banyak dukungan," katanya, sambil menyerukan kemampuan militer yang lebih besar untuk menekan Rusia dan mencegah konflik yang lebih luas.

Zelenskyy menggarisbawahi bahwa perdamaian sejati hanya dapat dicapai melalui kekuatan, dan mendesak pengambilan keputusan yang tepat waktu dari para pemimpin global.

Laporan sebelumnya menunjukkan bahwa pejabat Korea Selatan dan Ukraina sedang bekerja untuk mengidentifikasi personel militer Korea Utara yang telah terlibat dalam pertempuran di Ukraina dan menjalani pelatihan di Rusia untuk kemungkinan penempatan.

Sumber: Anadolu

Baca juga: PBB desak tambahan dana bantuan untuk Ukraina jelang musim dingin
Baca juga: 'Drone' Ukraina serang Krimea, seribu warga diungsikan
Baca juga: Korut: Bantuan militer AS ke Ukraina bisa memicu bencana nuklir