Jakarta (ANTARA) - Info lowongan kerja sekarang bisa didapat dengan mudah berkat kemajuan teknologi, namun yang terpenting Anda adalah orang yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Seiring kemajuan teknologi, sekarang ada banyak aplikasi lowongan kerja yang dapat membantu Anda menemukan peluang kerja yang tepat.

Aplikasi lowongan kerja adalah platform digital yang dirancang untuk membantu pencari kerja menemukan peluang kerja yang sesuai dengan keterampilan dan minat Anda sebagai calon pelamar kerja.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mencari, melamar, dan mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan di bekerja perusahaan dan industri.

Dengan banyaknya aplikasi atau platform yang tersedia, pencarian kerja tidak perlu menjadi proses yang melelahkan. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, dan gunakan fitur-fitur yang ada untuk memaksimalkan peluang mendapatkan pekerjaan. Selain itu, tetap perbarui profil dan resume Anda secara berkala untuk menarik perhatian perekrutan.

Berikut beberapa aplikasi lowongan kerja populer dan terpercaya yang bisa Anda coba untuk mendapatkan peluang kerja dan melamarnya.

Daftar aplikasi lowongan kerja

1. Linkedin

LinkedIn bukan hanya platform jaringan media sosial profesional, tetapi juga salah satu aplikasi terbaik untuk mencari pekerjaan. Anda dapat mengakses berbagai lowongan kerja, mengikuti perusahaan yang Anda minati, dan terhubung dengan profesional di industri yang relevan. Dengan fitur rekomendasi dan testimonial, LinkedIn membantu Anda membangun profil yang kuat di mata calon perekrutan kerja.

Baca juga: Wamenaker: Perusahaan wajib mengumumkan lowongan pekerjaan

2. Jobstreet

JobStreet merupakan salah satu platform pencarian kerja terpopuler di Asia Tenggara, termasuk Indonesia yang sudah ada sejak 1997. Aplikasi ini menawarkan berbagai lowongan dari berbagai sektor industri, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pencarian sesuai dengan preferensi Anda. JobStreet juga mempermudah proses lamaran kerja dengan fitur pencarian pekerjaan berdasarkan kategori, lokasi, dan industri.

3. Kalibrr
​​​​​​​

Kalibrr berfokus pada pencarian pekerjaan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kalibrr juga menawarkan pelatihan dan kursus untuk meningkatkan keterampilan Anda.Selain itu Kalibrr telah bekerja sama juga dengan beberapa universitas Indonesia dan perusahaan-perusahaan ternama untuk memberikan informasi loker terbaru.

4. Kita lulus

Aplikasi lowongan kerja Kita Lulus adalah platform yang memudahkan pencari kerja untuk menemukan peluang pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi mereka. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur, termasuk pencarian lowongan berdasarkan kategori, lokasi, dan jenis pekerjaan.

Di dalam aplikasi ini, terdapat ribuan lowongan kerja yang dapat Anda lamar setiap harinya. Jenis-jenis lowongan yang ditawarkan pun bervariasi, termasuk magang, freelance, paruh waktu, dan penuh waktu.

Baca juga: Cara temukan lowongan kerja resmi di Kemnaker

5. Glints
​​​​​​​

Glints adalah salah satu aplikasi rekrutmen yang memiliki standar keamanan tinggi. Meskipun berpusat di Singapura, Glints menawarkan berbagai lowongan pekerjaan di Indonesia. Tersedia pilihan magang, pekerjaan penuh waktu, paruh waktu, dan lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur yang memberikan fleksibilitas bagi para pencari kerja.

6. Indeed
​​​​​​​

Indeed adalah aplikasi yang ideal jika Anda benar-benar ingin memulai karier di luar negeri. Aplikasi ini menawarkan berbagai informasi lowongan kerja dari 60 negara di seluruh dunia. Jenis pekerjaan yang tersedia sangat bervariasi, mulai dari magang, freelance, hingga pekerjaan penuh waktu. Para pencari kerja juga dapat mengunggah CV mereka dan melihat seberapa banyak perusahaan yang telah mengunjungi profil mereka.

7. Siap kerja

Aplikasi Siap kerja adalah platform yang dirancang untuk membantu Anda mencari lowongan pekerjaan yang diluncurkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi lowongan kerja, pelatihan, dan pengembangan keterampilan. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat lebih mudah menemukan kesempatan kerja yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka.

Baca juga: "Banjarmasin Job Fair 2024" sediakan 500 lowongan pekerjaan

Baca juga: Ratusan lowongan pekerjaan tersedia di bursa kerja IPB University