Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pemberian tanda kehormatan Nugraha Sakanti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada tujuh satuan kerja (satker) Polri menjadi amanah untuk bekerja lebih baik.

“Penganugerahan yang diberikan oleh Bapak Presiden kepada kita ini, sekaligus menjadi amanah dari Bapak Presiden agar kami semua ke depan bekerja dengan lebih baik sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan amanah rakyat,” kata Kapolri seusai acara apel Operasi Mantap Brata 2024 di Mako Brimob, Depok, Senin.

Kapolri menyebut, tujuh satuan kerja itu adalah Bareskrim, Baharkam, Korbrimob, Divisi Hubungan Internasional, Korlantas, Densus 88 Antiteror, dan Pusdokkes.

Atas prestasi tersebut, Kapolri menyampaikan terima kasih atas kerja keras yang telah dicurahkan hingga mampu meraih penghargaan.

“Kami harapkan ini menjadi semangat, ini menjadi motivasi kita untuk bekerja, serta mengabdi lebih baik lagi untuk masyarakat, bangsa, dan negara,” ucapnya.

Baca juga: Kapolri anugerahkan Bintang Bhayangkara Utama kepada 4 petinggi TNI

Dalam kesempatan itu, Kapolri juga menyampaikan bahwa Polri memberikan penghormatan kepada Presiden Jokowi dengan menyematkan Medali Kehormatan Loka Praja Samraksana.

Ia mengatakan, pemberian medali tersebut merupakan bentuk penghormatan institusi atas sumbangsih Jokowi terhadap Polri.

“Sumbangsih beliau yang luar biasa terhadap institusi Polri, sehingga kami bisa lebih optimal dalam melaksanakan tugas pokok kami, yaitu melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, dan melakukan penegakan hukum,” kata dia.

Sumbangsih Presiden, lanjutnya, menjadi motivasi bagi para personel agar bisa bekerja lebih baik dalam memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

Diketahui, apel Operasi Mantap Brata 2024 digelar dalam rangka persiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 15.000 personel yang berasal dari 16 batalion.

Baca juga: HUT TNI, Kapolri pastikan selalu bersinergi dalam setiap tugas

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi menerima penghargaan Loka Praja Samrakshana dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo karena telah berperan besar dalam pengembangan organisasi Korps Bhayangkara.

Selain itu, Presiden juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja Polri, yaitu Bareskrim, Baharkam, Korbrimob, Divisi Hubungan Internasional, Korlantas, Densus 88 Antiteror, dan Pusdokkes.

Pada akhir acara, beberapa satuan kepolisian mendemonstrasikan beberapa persiapan pengamanan upacara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Acara tersebut turut dihadiri sejumlah petinggi, di antaranya Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian, Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi Irjen Verdianto Bitticaca, Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo, Komandan Pasukan Pelopor Korbrimob Polri Irjen Waris Agono, dan Irwasum Polri Komjen Ahmad Dofiri.