Padang (ANTARA) - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengatakan Road to BPKH Hajj Run 2024 merupakan agenda yang ditujukan untuk meningkatkan literasi keuangan dan kesehatan para calon jamaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesiapan fisik dan literasi keuangan dalam menjalankan ibadah haji," kata anggota BPKH Harry Alexander di Padang, Senin.

Baca juga: Ratusan peserta ikuti run BPKH Hajj Run & Fun Walk 2023

Baca juga: BPKH Hajj Run & Fun Walk usung sport tourism kenalkan wisata Singkarak


Road to BPKH Hajj Run 2024, akan dilaksanakan di Kota Padang pada 3 November 2024. Nantinya, BPKH mengampanyekan pentingnya kesehatan fisik bagi calon jamaah haji. Kegiatan ini juga menjadi sarana sosialisasi dan literasi keuangan haji, kata Harry Alexander.

Pada 2024, BPKH menargetkan peningkatan jumlah pendaftar haji dari kalangan muda, khususnya yang berusia di bawah 30 tahun. Oleh sebab itu, BPKH memandang pentingnya persiapan fisik dan perencanaan keuangan bagi setiap calon jamaah haji.

"BPKH Hajj Run 2024 merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk membantu masyarakat mempersiapkan diri dengan baik," ujar Harry.

Secara tidak langsung BPKH Hajj Run 2024 merupakan upaya lembaga itu untuk mendukung sekaligus menyiapkan sejak dini calon haji dari generasi muda Indonesia. Sekitar 3.000 peserta akan berlari bersama sejauh 10 kilometer yang dimulai dari depan Istana Gubernur Sumatera Barat.

Baca juga: BPKH ajak generasi muda beri mahar nikah dengan setoran awal haji

Ia menyampaikan pendaftaran BPKH Hajj Run dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi BPKH dengan target maksimal 3.000 pendaftar. Bagi masyarakat yang tertarik dapat melakukan tahapan sebagai berikut.

Pertama, mengunjungi situs bpkhhajjrun.com atau situs resmi BPKH di bpkh.go.id. Langkah kedua calon peserta juga dapat mendaftar melalui aplikasi BPKH. Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa memantau perkembangan informasi di akun media sosial BPKH yaitu @bpkhri dan @bpkh.hajjrun.