Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono yakin akan memenangi Pilkada Jakarta dalam satu putaran mengingat hasil beberapa survei elektabilitas RIDO tertinggi dibandingkan pasangan lainnya.

Dewan Penasihat Tim Pemenangan RIDO, Arief Rosyid Hasan menilai hasil survei itu wajar karena pasangan RIDO dalam debat perdana menghadirkan solusi yang konkret terhadap permasalahan di Jakarta.

"Di semua sesi RIDO unggul dibanding pasangan lain," kata Arief dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Dalam survei yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan elektabilitas pasangan RIDO menempati posisi teratas yakni 52,6 persen.

Sementara dua rival RIDO dalam survei yang dilakukan pada 21-27 September 2024 dengan teknik wawancara itu, yakni Pramono Anung-Rano Karno (nomor urut 3) berada di angka 27,1 persen dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (nomor urut 2) hanya 2,7 persen.

Baca juga: Pesan terakhir Prof Danisworo untuk RK agar membangun warga Jakarta
Arief melanjutkan, sosok pemimpin yang dibutuhkan Jakarta adalah mereka yang punya pengalaman. Hal tersebut ada pada sosok Ridwan Kamil yang pernah menjadi wali kota Bandung dan gubernur Jawa Barat.

Bukan hanya itu saja, Arief juga melihat sosok Ridwan Kamil adalah pilihan tepat bagi kaum milenial dan Gen Z. Kelompok tersebut paling membutuhkan keberpihakan dari pemerintah.

"Program RIDO memberi kepastian kepada mereka bahwa pemerintah akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Juga untuk yang terkena PHK akan ada bantuan 3 bulan agar bisa merintis usaha atau mencari pekerjaan baru," katanya.

Karena itu, dia percaya kontribusi suara milenial dan Gen Z yang besar dalam mendukung RIDO, bisa membuat menang satu putaran.
"Sebanyak 70-80 persen suara mereka akan mengantarkan RIDO menang sekali putaran!," kata Arief optimistis.

Baca juga: Ridwan Kamil jadikan BKT sebagai inspirasi program tanam pohon
Direktur Eksekutif Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, mengatakan berdasarkan elektabilitas pasangan RIDO cukup unggul dibanding pesaing lainnya. Karena itu, peluang RIDO menang satu putaran terbuka lebar.

"Peluang RIDO memenangi satu putaran terbuka lebar," katanya.

Selain itu, peluang kemenangan RIDO makin besar karena dari sisi tingkat keyakinan pemilih RIDO mencapai lebih dari 80 persen. "Ini artinya pergeseran suara RIDO turun itu akan sulit," kata Dedi.


Berdasarkan hasil undian pengambilan nomor urut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta.