Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa politik kemarin (13/10) menjadi sorotan, di antaranya kunjungan calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto ke Surakarta, Jawa Tengah, untuk bertemu Presiden RI Joko Widodo, dan persiapan pelantikan presiden-wakil presiden periode 2024–2029.

Berikut lima berita menarik pilihan ANTARA yang dapat kembali dibaca:

Mensesneg: Jokowi-Prabowo bersilaturahmi di Solo

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan silaturahmi dengan calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto di kediaman pribadi Jokowi di Sumber, Solo, Jawa Tengah, Minggu.

"Benar, di kediaman pribadi Pak Jokowi di Sumber (Solo). Silaturahmi, kebersamaan dan keberlanjutan. Itu tema utamanya," kata Mensesneg Pratikno melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Polri siagakan 15.000 personel pengamanan pengambilan sumpah Presiden

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiagakan sebanyak 15.000 personel dalam rangka Operasi Mantap Brata 2024 pengamanan tahap pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Kapolri sudah mengecek kesiapan apel pengamanan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI," kata Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Sekjen: NasDem bagian pendukung Prabowo-Gibran meski tak kirimkan nama

Sekretaris Jenderal (Sekjen) NasDem Hermawi Taslim mengatakan Partai NasDem memastikan menjadi bagian dari pendukung pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meskipun tidak mengirimkan nama untuk masuk kabinet.

"NasDem adalah pendukung pemerintahan Prabowo, hal ini sudah kami nyatakan berkali-kali kepada publik," kata Hermawi saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Parpol pengusung paslon usulkan Sherly Tjoanda pengganti Benny Laos

Delapan Partai Politik (parpol) pengusung pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) Benny Laos – Sarbin Sehe menggelar rapat koalisi partai tersebut mengusulkan Sherly Tjoanda sebagai pengganti Benny Laos yang meninggal dunia saat insiden terbakarnya speedboat Bella 72 di Pulau Taliabu.

"Betul hasil rapat diikuti delapan pimpinan partai koalisi telah sepakat untuk mendorong Sherly Tjoanda merupakan istri mendiang Benny Laos menggantikan suaminya sebagai calon Gubernur (cagub) Malut berpasangan dengan Sarbin Sehe," kata Muksin Amrin, Juru Bicara Paslon Benny-Sarbin saat dihubungi ANTARA, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Wapres harap pemerintahan Prabowo-Gibran lanjutkan tonggak pembangunan

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengharapkan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dapat melanjutkan tonggak-tonggak pembangunan yang telah dijalankan pemerintah saat ini.

"Kita berharap bahwa pemerintah yang akan datang itu kan tidak mulai dari awal semuanya. Apalagi, semboyannya Pak Prabowo (Subianto) kan melanjutkan," ujar Wapres memberikan keterangan pers usai menghadiri acara peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan masjid dan pondok pesantren di Rawagede, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.