Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berbelasungkawa atas meninggalnya Calon Gubernur Maluku Utara Benny Laos dalam insiden terbakarnya speedboat Bella 72 di Pelabuhan Regional Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, Sabtu (12/10).

Dalam akun media sosial X, AHY mengucapkan turut berdukacita atas meninggalnya calon gubernur tersebut bersama lima korban lainnya yang menjadi penumpang di perahu motor cepat itu.

"Pak Benny dan rombongan gugur dalam keadaan tengah menjalankan tugas sebagai calon wakil rakyat, menuju Desa Kawalo untuk bertemu dan menyerap aspirasi rakyat," ujar AHY dalam unggahan media sosial yang dipantau ANTARA di Jakarta, Minggu.

Selain berbelasungkawa, Menteri ATR/BPN itu juga mengajak masyarakat untuk mendoakan almarhum dan berharap perjuangannya selama ini bisa terus bermanfaat bagi masyarakat Maluku Utara.

"Semoga para korban diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Amin YRA," dalam salah satu kalimat di unggahan itu.

Baca juga: Jenazah Cagub Malut Benny Laos diterbangkan dari Luwuk menuju Jakarta
Baca juga: Parpol pengusung paslon usulkan Sherly Tjoanda pengganti Benny Laos
Speedboead Bela 72 membawa rombongan pasangan calon (paslon) nomor urut 4 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) Benny Laos-Sabrin Sehe bersama tim saat berlabuh di Pelabuhan Regional Bobong, Desa Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate Fathur Rahman ketika dihubungi ANTARA, Sabtu (12/10), menjelaskan bahwa Kantor SAR Ternate menerima laporan kejadian tersebut dari Polres Pulau Taliabu.

Sesuai dengan laporan, kejadian yang diterima pada hari itu sekitar pukul 14.05 WIT, terjadi ledakan yang berasal dari speedboat Bella 72 yang ditumpangi oleh rombongan pasangan calon pemimpin Malut itu.

Penumpang speedboat Bella 72 yang ditumpangi Benny Laos berjumlah 34 orang dan dilaporkan 28 orang selamat, sedangkan enam orang dinyatakan meninggal dunia.

Keenam korban meninggal dunia, yakni Benny Laos, anggota DPRD Provinsi Malut Ester Tantri, Ketua DPW PPP Malut Mubin A. Wahid, anggota Polres Kepulauan Sula Bripka Hamdani Buamonabot (ajudan Benny Laos), dan operator speedboat.