Jakarta (ANTARA) - Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Khoirudin mengapresiasi PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) membuka rute baru BW2 (Monas Explorer) yang saat ini melewati Halte DPRD DKI Jakarta.

Ia mengharapkan pembukaan rute baru tersebut dapat menjadi sarana transportasi untuk wisatawan yang ingin mengeksplorasi sejumlah objek wisata di pusat Jakarta.

Pelanggan dan wisatawan saat ini bisa melihat lebih dekat Gedung DPRD Provinsi DKI Jakarta.

"Sebagai pimpinan DPRD DKI Jakarta, kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PT TransJakarta yang telah memberikan langkah nyata dalam pengembangan pariwisata di Jakarta," kata Khoirudin dikutip dari keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Adapun, rute baru tersebut diresmikan pada Kamis (10/10) yang turut dihadiri oleh Khoirudin.

Menuju kota global, pariwisata berupa transportasi juga diharapkan mampu mendongkrak daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara dan meningkatkan eksistensi tempat-tempat yang dilalui bus wisata TransJakarta.

Rute BW2 (Monas Explorer) menggunakan armada bus tingkat atap terbuka yang ikonik. Selain itu, bus tersebut didesain khusus dengan tema adat Betawi yang juga merepresentasikan Kota Jakarta.

Terdapat empat rute bus wisata eksisting yang bisa dinikmati oleh masyarakat, yaitu BW1: Sejarah Jakarta, BW2: Monas Explorer, BW4: Pencakar Langit, dan BW9: Kota Tua-Pantai Indah Kapuk.

Bus Wisata TransJakarta beroperasi setiap hari pada pukul 10.00-17.00 WIB. Masyarakat bisa menggunakan bus wisata TransJakarta secara gratis atau Rp 0 hanya dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE).
Baca juga: TransJakarta hadirkan rute baru bus wisata Monas Explorer