Jakarta (ANTARA) - Ikatan Alumni Fakultas Biologi Universitas Nasional (IKA FABIONA) mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan hidup dalam acara jalan sehat, fun walk, yang digelar di kawasan Kota Tua, Jakarta, Minggu.

Acara reuni akbar tersebut juga sebagai bagian dari peringatan Dies Natalis ke 75 Universitas Nasional, yang dirancang untuk memadukan olahraga, edukasi, dan kepedulian lingkungan dalam suasana kebersamaan.

"Kegiatan ini bukan hanya sekedar fun walk biasa, tetapi juga bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan," kata Prof. Dr. Dedi Darnaedi, M.Sc.,

Ketua IKA FABIONA dalam siaran pers pada Minggu menyatakan, sebagai ahli biologi, pihaknya merasa terpanggil untuk menjaga kelestarian alam.

Acara dimulai pada pukul 06.30 WIB dengan sesi senam bersama yang diikuti oleh alumni, dosen, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Setelah sesi senam, peserta diajak untuk berpartisipasi dalam aksi nyata peduli lingkungan dengan melakukan pengambilan sampah di sekitar lokasi acara.

"Aksi bersih-bersih ini tidak hanya bertujuan memperindah lingkungan Kota Tua, tetapi juga menjadi momen edukasi bagi peserta," katanya.

Baca juga: UNSIA-UNAS libatkan 1.000 siswa belajar keterampilan keamanan siber
Baca juga: Tim PKM Unas Jakarta dampingi UMKM di Banyumas peroleh legalitas


Di sepanjang kegiatan, peserta diberikan informasi tentang dampak mikroplastik terhadap kehidupan, termasuk efek negatifnya bagi kesehatan manusia, kehidupan laut, dan ekosistem.

"Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lingkungan dan memotivasi perilaku ramah lingkungan yang berkelanjutan," katanya.

Sebagai bagian dari komitmen untuk menjaga bumi, para peserta juga menandatangani spanduk bertuliskan dukungan untuk lingkungan bersih dan sehat.

"Ini merupakan simbol solidaritas seluruh peserta terhadap upaya pengurangan sampah dan jejak karbon," katanya.

Sebelum meninggalkan acara, setiap peserta mendapatkan tanaman hias carbon cleansing, yang mampu menyerap karbon dioksida dan mengurangi dampak perubahan iklim, sebagai hadiah simbolis untuk mengingatkan peserta agar terus berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan.

Acara ini tidak hanya memberikan manfaat fisik dan edukasi, tetapi juga mempererat hubungan antar alumni dan peserta lainnya. Fun walk ini berhasil menciptakan suasana kebersamaan dan gotong royong, sambil memberikan dampak positif bagi lingkungan Kota Tua.

Baca juga: Reuni akbar alumni IPB Sulsel diramaikan jalan santai
Baca juga: Syukuran 100 tahun, Gontor gelar silaturahmi dan jalan sehat di Monas