Jakarta (ANTARA) -
Profesi sebagai satpam sering kali dipandang sebelah mata, namun kenyataannya peran mereka sangat penting dalam menjaga keamanan di berbagai tempat, mulai dari perkantoran, perumahan, pusat perbelanjaan, hingga tempat umum lainnya.

Tanpa kehadiran satpam, rasa aman dan nyaman di lingkungan kita bisa terganggu. Selain menjalankan tugas yang penting, profesi ini juga menawarkan jumlah nominal gaji yang bervariatif dan tetap terjamin.
Menjadi seorang satpam tidaklah mudah, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi sesuai ketentuan perusahaan yang dilamar. Syarat paling utama yakni terkait dengan kemampuan fisik dan keterampilan.

Sebelum mengetahui perihal gaji satpam, pahami beberapa syarat umum untuk melamar pekerjaan sebagai satpam.

  • Minimal memiliki sertifikat pelatihan satpam atau Gada Pratama
  • Minimal SMK/SMK atau sederajat dari semua jurusan.
  • Memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih aktif.
  • Usia maksimal 30 tahun.
  • Tinggi badan minimal 170 cm
  • Kekuatan fisik yang sehat jasmani dan rohani.
  • Tidak memakai kacamata dan buta warna.
Gaji satpam atau penjaga keamanan

Berdasarkan catatan iklan lowongan Indeed, rata-rata gaji satpam ditawarkan sekitar Rp3,1 juta dalam sebulan. Sementara, di Jobstreet mencantumkan besaran rata-rata gaji satpam mulai dari Rp4,2 juta - Rp4,8 juta.

Namun, gaji satpam dapat berbeda-beda di setiap tempatnya. Hal ini memiliki berbagai faktor, mulai dari tingkat sertifikasi yang dimiliki, perusahaan dan lokasi bekerja, hingga pengalaman bekerja.

Salah satunya, gaji satpam ditentukan sesuai kebijakan perusahaan dimana mereka bekerja yakni sebagai berikut.

1. Gaji satpam di bank
Indonesia memiliki berbagai bank yang membutuhkan satpam untuk menjaga keamanan yang ketat. Namun, satpam juga sering kita temui untuk melayani nasabah, seperti memberikan kartu nomor antrian.

Setiap gaji satpam di bank biasanya memiliki jumlah nominal yang berbeda, seperti bank BCA sekitar Rp2,8 juta, bank Mandiri sekitar Rp2 juta, bank BRI sekitar Rp3,1 juta, dan bank BNI sekitar Rp3,8 juta.

2. Gaji satpam di kantor atau mall


Satpam yang bekerja di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, atau mall, bertugas menjaga keamanan akses masuk gedung dari hal-hal yang mencurigakan bahkan berbahaya.

Gaji mereka umumnya sebesar Rp 3.000.000 hingga Rp 4.500.000 per bulan.
3. Gaji satpam di pabrik


Satpam yang bekerja di perusahaan, terutama di sektor industri seperti pabrik atau gudang, memiliki tanggung jawab yang lebih besar selain menjaga keamanan, mereka juga mengamankan produk hingga mengatur jalan keluar masuk kendaraan dari gedung. Gaji mereka biasanya berkisar antara Rp3,5 juta - Rp5,5 juta.
4. Gaji satpam di hotel


Tugas satpam di hotel yakni menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan tamu serta staf hotel. Satpam bertanggung jawab untuk memastikan bahwa lingkungan hotel tetap aman dan terlindungi dari hal yang berbahaya.

Rata-rata gaji satpam di hotel bisa sekitar Rp3,5 juta - Rp5,5 juta.
5. Gaji satpam di komplek perumahan


Setiap penghuni rumah, pasti menginginkan lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan terhindar dari kejahatan. Satpam bertugas untuk menjaga keamanan lingkungan perumahan, biasanya mereka bertugas mengelilingi daerah perusahaan untuk memastikan semua rumah telah aman.

Gaji satpam di perumahan sekitar Rp3 juta - Rp5 juta.
6. Gaji satpam di industri minyak dan gas


Perusahaan minyak dan gas memiliki berbagai aset yang penting dan kawasan bekerja berisiko tinggi, sehingga tidak sembarang orang bisa keluar masuk wilayah ini. Satpam diperlukan untuk bertanggungjawab dalam keamanan tersebut. Gaji satpam di industri minyak gas ini biasanya sekitar Rp6 juta - Rp10 juta.
Selain gaji pokok tersebut, satpam kerap diberikan tunjangan kinerja. Namun, hal ini tergantung kebijakan perusahaan dimana mereka bekerja. Umumnya, tunjangan satpam dapat berupa tunjangan tetap, biaya lembur, bonus, biaya makan dan transportasi, tunjangan hari raya (THR), dan lainnya.