Beijing (ANTARA) - China meluncurkan sebuah pedoman tentang pengembangan keuangan hijau, yang menguraikan 19 langkah penting bagi sektor-sektor utama guna mendorong pembangunan China yang indah.

Berfokus pada sektor-sektor utama seperti pengembangan hijau dari industri utama serta perlindungan dan restorasi ekologis, China akan berupaya menciptakan perpustakaan proyek untuk membangun China yang indah dan secara efektif meningkatkan ketepatan dukungan keuangan, menurut pedoman yang diterbitkan bersama oleh empat lembaga pemerintah, termasuk bank sentral China, People's Bank of China (PBOC), dan Kementerian Ekologi dan Lingkungan China.

Pedoman itu menekankan peningkatan kapasitas lembaga keuangan untuk menyediakan layanan keuangan hijau serta pengayaan produk dan layanan bagi sektor tersebut.

Berbagai upaya harus dilakukan untuk meningkatkan pemberian pinjaman dan memperkuat dukungan pembiayaan bagi pembangunan hijau, sebut dokumen itu.

Dokumen tersebut juga menyerukan peningkatan inovasi dalam produk keuangan hijau bagi koneksi dan sektor utama seperti proyek-proyek perlindungan ekologis dan lingkungan hidup regional, pengembangan pasar karbon, dan konsumsi hijau.

Sebuah mekanisme koordinasi antarlembaga pemerintah akan dibentuk untuk memastikan penerapan langkah-langkah ini, ungkap pedoman itu.