Jakarta (ANTARA) - Selama sepekan (6 Oktober–12 Oktober 2024), berbagai peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia, mulai dari foto karya Jokowi dipamerkan dalam pameran foto ANTARA "Legasi Jokowi", hingga Istana: Presiden berkantor selama 40 hari di IKN hingga 19 Oktober.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Foto karya Jokowi dipamerkan dalam pameran foto ANTARA "Legasi Jokowi"

Satu buah foto karya Presiden Joko Widodo dipamerkan dalam acara pameran foto Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA bertajuk "Legasi Jokowi 2014-2024", di Gedung Antara Heritage Center, Jakarta, Jumat (11/10).

Foto itu merupakan hasil swafoto yang diambil langsung melalui telepon genggam oleh Presiden Joko Widodo, menampilkan Presiden berswafoto dengan wartawan di sela acara KTT Ke-43 ASEAN, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 7 September 2023.

Selengkapnya baca di sini.

Jokowi akui bicara politik saat santap malam dengan Prabowo

Presiden Joko Widodo mengaku bicara banyak hal termasuk soal politik, saat santap malam dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di sebuah restoran di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (8/10) malam lalu.

"Ya ada politiknya, ada urusan ekonomi, banyak banget," kata Jokowi usai menghadiri acara Malam Puncak HUT Ke-79 Pertambangan dan Energi di Ballroom Kempinski Hotel, Jakarta, Kamis (10/10) malam.

Selengkapnya baca di sini.

DPR RI berencana bentuk Badan Aspirasi sebagai alat kelengkapan dewan

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan bahwa lembaganya berencana membentuk Badan Aspirasi sebagai alat kelengkapan dewan yang akan menjadi wadah bagi DPR dalam menampung aspirasi rakyat.

"DPR ini kan memang rumah rakyat, jadi Badan Aspirasi ini untuk menampung aspirasi rakyat. Suara rakyat harus didengar, kami akan ada satu badan yang menangani aspirasi rakyat nanti," kata Cucun dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (9/10).

Selengkapnya baca di sini.

PTUN tunda pembacaan putusan soal pencalonan Gibran selama 2 pekan

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menunda pembacaan putusan terkait dengan pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden pada Pilpres 2024 selama 2 pekan.

"Putusan ditunda sampai dengan tanggal 24 Oktober disebabkan ketua majelis sakit," ujar anggota tim hukum PDI Perjuangan Gayus Lumbuun kepada ANTARA di Jakarta, Kamis (10/10).

Selengkapnya baca di sini.

Menteri PANRB: Presiden perintahkan ASN pindah ke IKN Januari 2025

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan aparatur sipil negara (ASN) pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) pada bulan Januari 2025.

"Semalam saya dapat perintah dari Bapak Presiden melalui Pak Pratikno dapat perintah pada bulan Januari ASN pindah ke IKN," kata Anas dalam
Gebyar Pelayanan Prima di Jakarta, Selasa (8/10).

Selengkapnya baca di sini.