Surabaya (ANTARA) - Garena Indonesia mengungkapkan kota Surabaya dipilih sebagai tuan rumah ajang internasional Grand Finals Free Fire World Series Southeast Asia (FFWS SEA) 2024 Fall dikarenakan animo pemain Free Fire yang cukup tinggi di wilayah tersebut.

Selain untuk memenuhi animo penggemar dan pemain Free Fire, sebagai penerbit dan pengembang gim yang berbasis di Jakarta Garena Indonesia juga ingin membawa pengalaman turnamen internasional ke sejumlah kota di Indonesia.

"Kita sebagai publisher game Free Fire ini ingin membawa pengalaman nonton esports dan menghadiri kegiatan esports dan semua aktivitasnya ini, serta aktivitas komunitas nggak cuma di Jakarta saja, tapi kita mau bawa keluar," kata Game Producer Free Fire Garena Indonesia Cristiandy Fanciscus ditemui di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

"Surabaya tentunya merupakan salah satu kota dengan animo pemain Free Fire yang cukup tinggi juga, sehingga kita ingin membawa experience ini ke teman-teman kita di Surabaya dan sekitarnya."

Baca juga: 3.000 tiket gratis Grand Final FFWS SEA 2024 Fall ludes diburu

Sebelumnya, Garena Indonesia telah menggelar Free Fire World Series Indonesia (FFWS ID) 2024 Fall di Bandung pada akhir Juli. Saat itu, menurut Cristiandy para penggemar dan pemain Free Fire juga sangat antusias untuk menonton aksi para pro-player secara langsung.

Ini juga bukan pertama kalinya Garena Indonesia menggelar ajang Free Fire di Surabaya. Sebelumnya, pengembang dan penerbit game tersebut menghelat Free Fire World Series (FFWS) Indonesia 2024 Spring pada akhir Februari di Kota Pahlawan itu.

Meski telah kembali dipercaya sebagai tuan rumah ajang internasional Free Fire -- terakhir kali pada 2019 -- Cristiandy tidak dapat menjanjikan turnamen internasional lain di Indonesia.

"Tentu kita akan sangat mengharapkan semakin banyak turnamen internasional yang kita adakan di Indonesia dan kita menjadi tuan rumah. Kita tentunya menjadi sangat bangga dan sangat antusias untuk kita bisa menjadi tuan rumah Tapi tentunya untuk keputusan yang ke depannya melibatkan banyak stakeholders dan banyak pertimbangan yang harus terus dibahas," ujar Cristiandy.

"Tapi harapannya dengan berkembangnya pemain Free Fire di Indonesia, dan berkembangnya antusiasme esport di Indonesia, saya cukup yakin Indonesia itu merupakan salah satu pilihan utama untuk event internasional Free Fire di kemudian hari."

Grand Final FFWS SEA 2024 Fall akan digelar di Surabaya Convention Center, Pakuwon Trade Center, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/10).

Baca juga: Bigetron Delta puncaki klasemen Point Rush Day 2 FFWS SEA 2024 Fall