Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menilai sangat baik usulan Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta untuk menjadikan transparansi sebagai salah satu tema debat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. "Usulan KI DKI soal transparansi jadi tema debat tahun ini itu sangat baik," kata Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Hubungan Masyarakat KPU DKI Jakarta Astri Megatari di kawasan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat, Sabtu.

Astri mengatakan bahwa selama ini KPU DKI Jakarta selalu berkomunikasi dengan KI DKI Jakarta dalam rangka pemenuhan dan permintaan informasi baik itu terkait Pilkada ataupun lainnya.

"Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) kami juga sudah kami bekali bagaimana kemudian melayani permintaan informasi yang berkaitan dengan Pilkada," ujar Astri.

Baca juga: Evaluasi debat pertama Pilkada DKI Jakarta lebih pada aspek teknis
Sebelumnya, KI Provinsi DKI Jakarta meminta KPU DKI Jakarta untuk menjadikan transparansi sebagai salah satu tema dalam debat calon gubernur dan calon wakil gubernur pada Pilkada tahun ini.

“Kami berharap KPU DKI Jakarta dapat mengangkat topik atau tema transparansi dalam debat Cagub dan Cawagub DKI Jakarta,” kata Ketua Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta Harry Ara Hutabarat di Jakarta, Senin (7/10).

Menurut Harry, tema ini penting dibahas agar masyarakat dapat secara langsung menilai sejauh mana para kandidat Cagub dan Cawagub memahami dan berkomitmen terhadap prinsip-prinsip transparansi dan keterbukaan informasi publik.

Baca juga: KPU dan Bawaslu DKI ingatkan soal Pilkada damai tanpa ujaran kebencian
KPU DKI Jakarta telah menggelar debat pertama pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) di Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam.

Peserta debat tersebut adalah pasangan Cagub-Cawagub nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global".

KPU DKI Jakarta juga telah menjadwalkan debat tahap dua berlangsung pada 27 Oktober yang dilanjutkan debat ketiga pada 17 November 2024.
Baca juga: Belum ada temuan pelanggaran selama kampanye Pilkada DKI Jakarta