Ankara (ANTARA) - Perdana Menteri China Li Qiang meyakinkan Laos bahwa Beijing siap mendukung Vientiane untuk membangun komunitas yang memiliki masa depan bersama dengan standar tinggi.

Media pemerintah melaporkan pada Sabtu bahwa PM Li Qiang bertemu dengan Presiden Laos Thongloun Sisoulith di Vientiane setelah KTT ASEAN, saat Li menyelesaikan kunjungan empat harinya setelah menghadiri KTT ASEAN dan pertemuan terkait.

“China dengan tegas mendukung Laos dalam menempuh jalur sosialis sejalan dengan kondisi nasionalnya dan siap untuk terus mendukung satu sama lain secara tegas dalam isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan inti dan kekhawatiran utama masing-masing,” kantor berita Xinhua mengutip pernyataan Li.

Li menambahkan, China selalu menempatkan pengembangan hubungan dengan Laos pada posisi khusus dan penting dalam diplomasi lingkungannya dan siap bekerja sama dengan Laos untuk mengikuti panduan strategis dari para pemimpin tertinggi kedua partai dan kedua negara.

Sebagai tanggapan, Presiden Laos Thongloun meyakinkan Beijing bahwa negaranya mendukung prinsip satu China dan dengan tegas mendukung China dalam menjaga kepentingan utamanya terkait isu-isu mengenai Taiwan, Xinjiang, dan Hong Kong.

Thongloun yang juga Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Revolusioner Rakyat Laos mengatakan negaranya siap untuk lebih memperkuat pertukaran tingkat tinggi dengan China.

Kemudian, memperkuat keselarasan strategi pembangunan nasional Laos dengan Belt and Road Initiative China (BRI), meningkatkan kerja sama di bidang-bidang kunci seperti Kereta Api Laos-China, dan memperdalam pertukaran budaya dan antar masyarakat.

Sumber : Anadolu
Baca juga: Jalur kereta China-Laos angkut 10 juta ton barang sejak 2021
Baca juga: Masinis kereta Laos berlisensi akan bekerja di jalur kereta China-Laos
Baca juga: China beri dukungan kuat bagi pembangunan Komunitas ASEAN