Solo (ANTARA) - Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka memberi selamat kepada Jawa Tengah yang menjadi juara umum usai memperoleh medali terbanyak di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024.

"Saya ucapkan selamat ke Pak Pj Gubernur Jawa Tengah, ini Jateng juara umum," katanya di sela menyaksikan pertandingan boccia di Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Pada pertandingan tersebut, boccia kembali menyumbangkan medali emas sehingga perolehan medali emas dari cabang olahraga tersebut hingga saat ini sebelas medali.

Sementara itu, dilihat dari laman resmi Peparnas17.id, hingga Sabtu pukul 15.59 WIB kontingen Jawa Tengah berhasil mengumpulkan total 361 medali, diikuti Jawa Barat dengan 313 medali. Medali yang dikumpulkan Jawa Tengah terdiri atas 146 medali emas, 110 medali perak, dan 105 medali perunggu.

Sedangkan medali yang dikumpulkan oleh Jawa Barat terdiri atas 104 medali emas, 101 medali perak, dan 108 medali perunggu.

Baca juga: Kevin Sanjaya bersiap bertanding di Turki usai raih medali emas

Terkait hal itu, sebagai bentuk apresiasi kepada para atlet, Ketua NPCI Jawa Tengah Osrita Muslim mengatakan NPCI Jateng telah menyiapkan bonus khusus berupa uang tunai untuk setiap peraih medali emas.

"Untuk satu medali emas, kami menyiapkan bonus sebesar Rp3,5 juta. Saya yakin ini turut memotivasi mereka untuk terus berjuang mendapatkan emas," katanya.

Bonus ini telah dipersiapkan dari anggaran APBD sebesar Rp500 juta, dengan proyeksi untuk sekitar 150 medali emas.

Baca juga: Pj Gubernur Jateng: Tak ada keluhan soal Peparnas
Baca juga: Atlet para-atletik Suparniati rayakan persahabatan di Peparnas 2024