Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meningkatkan sinergi lintas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni).
"Kegiatan diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan daya saing dan eksistensi BUMD demi mendukung pembangunan Jakarta," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat membuka Porseni di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu.

Kegiatan Porseni ini, menurut Heru merupakan cerminan pentingnya menjaga keseimbangan produktivitas kerja dan kualitas hidup.

Baca juga: Bank DKI jadi BUMD pertama sebagai mitra hak penamaan stasiun MRT

Melalui olahraga, lanjut Heru, karyawan BUMD selain dapat menjaga kesehatan fisik juga dapat membangun mental yang kuat berlandaskan kedisiplinan dan sportivitas.
"Sedangkan melalui seni, kita mampu mengekspresikan kreativitas dan potensi sebagai bagian dari aktualisasi diri," ucap Heru.

Porseni BUMD tahun ini diikuti oleh 18 BUMD DKI Jakarta yang akan bertanding pada 11 cabang olahraga dan pentas seni. Heru berpesan kepada seluruh peserta agar bertanding dengan sportif dan gembira.

Baca juga: 400 peserta ikuti kejuaraan bulutangkis antar OPD dan BUMD DKI
Selain itu, Heru juga berharap melalui kegiatan ini dapat mempererat sinergi melalui kegiatan olahraga. Apalagi, tema yang diambil sejalan dengan usaha bersama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk mendukung pembangunan Jakarta sebagai kota global yang berkelanjutan.

"Selamat bertanding kepada seluruh peserta. Tunjukkan semangat dan kemampuan terbaik dengan sportivitas. Kemenangan memang jadi kebanggaan tersendiri, namun membangun kerja sama dan keharmonisan menjadi esensi yang tidak kalah penting," ucap Heru.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank DKI Agus Haryoto Widodo sekaligus Ketua Panitia Porseni BUMD 2024 mengatakan selain mempertandingkan olahraga bola basket, tenis meja, dan badminton, event tersebut juga melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Jakarta Entrepreneur (JakPreneur) untuk ikut memeriahkan.

Baca juga: Heru Budi terharu murid SD ingin bawa pulang makanan bergizi
"UMKM binaan JakPreneur juga dilibatkan dalam kegiatan ini agar perputaran ekonomi terwujud," kata Agus.

Keterlibatan UMKM mengingat Jakarta ingin sejajar dengan kota global lain, sehingga salah satu indikator yang perlu diupayakan yakni peran UMKM sebagai ujung tombak perputaran ekonomi.

Turut mendampingi Heru, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono beserta jajaran. Acara dibuka secara simbolis dengan menandatangani bola basket dan memberikan apresiasi kepada Badan Pembinaan BUMD.