Medan (ANTARA) - Warga Medan Ibu kota Provinsi Sumatera Utara menyambut gembira penampilan wajah baru Lapangan Gajah Mada di Jalan Krakatau, Kelurahan Pulo Brayan, Kecamatan Medan Timur setelah dilakukan penataan.


"Mantap kali, sebelumnya ini lapangan tradisional hanya ada lapangan sepak bola," ucap warga tengah berolahraga di Lapangan Gajah Mada, Sanusi Harahap (60), di Medan, Sabtu.
Selain lapangan sepak bola yang terkesan kumuh, kenang dia, dahulunya Lapangan Gajah Mada pada malam hari dijadikan lapak pedagang angkringan berjualan.

Pemkot Medan telah merevitalisasi Lapangan Gajah Mada seluas 7.200 meter persegi dengan penampilan baru lebih bagus dan indah.

Tidak hanya memiliki lapangan sepak bola yang representatif, namun dilengkapi sejumlah fasilitas olahraga, seperti jogging track, panjat tebing, dan lapangan sepak takraw.
Selain itu, Lapangan Gajah Mada ini juga memiliki taman bermain untuk anak-anak, kafe serta kantor pengelolaan, sehingga bisa digunakan oleh semua umur.

"Sejak kepemimpinan Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman, Lapangan Gajah Mada ini jauh berubah dan memiliki banyak fasilitas yang bisa digunakan masyarakat dengan nyaman," jelas Sanusi.

Widia (38), warga sekitar mengaku senang dengan revitalisasi yang dilakukan tanpa menggunakan dana APBD Kota Medan melainkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebesar Rp5,7 miliar PT Tor Ganda.

Dengan dilengkapi sejumlah fasilitas olahraga, ibu rumah tangga mengenakan baju olahraga berwarna pink tersebut kini rutin berolahraga di Lapangan Gajah Mada.

"Saya rutin berolahraga di sini, bisa pagi atau sore hari di hari biasa. Sebab, Sabtu dan Minggu, lapangan ini ramai sekali pengunjung berolahraga. Di lapangan ini, saya sering menggunakan jogging track karena sangat menarik," ungkap Widia.

Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika meresmikan Lapangan Gajah Mada menyebutkan, bahwa mewujudkan Indonesia Emas 2045 harus dipersiapkan aktifitas yang positif di Kota Medan.

Tidak hanya secara akademis, lanjut dia, tapi juga bagaimana warga Kota Medan menyalurkan hobi dan kegiatan olahraga, bahkan seni dan budaya melalui pemenuhan sarana dan prasarana.

"Terima kasih PT Tor Ganda atas sumbangsihnya untuk Kota Medan, terutama masyarakat karena dapat dimanfaatkan secara luas," tutur Bobby, di Medan, Senin, 10 Juli 2023.