Jakarta (ANTARA) - BMW M3 dikabarkan akan hadir dalam dua versi terpisah di masa mendatang, satu dengan mesin bertenaga listrik dan satu lagi dengan mesin gas.

Informasi tersebut diungkapkan oleh bos BMW M Frank van Meel dalam sebuah wawancara dengan situs penggemar BMW Bimmer Today sebagaimana dikutip Motor Authority pada Jumat (11/10) waktu setempat.

Sebelumnya van Meel juga telah mengonfirmasi pada bulan Juni bahwa M3 listrik akan segera hadir.

Baca juga: BMW beri sinyal hentikan transmisi manual pada M3 di Jepang

Sistem penggeraknya akan dilengkapi pengaturan empat motor, dan hatchback i4 yang dimodifikasi yang menjalankan sistem penggerak baru tersebut telah diuji di jalan umum setidaknya sejak tahun 2022. Tenaga puncaknya diperkirakan mencapai 1.341 hp.

Mengenai versi gas, van Meel dalam wawancaranya mengatakan bahwa mesin 3.0 liter twin-turbocharged inline-6 saat ini akan bertahan selama beberapa tahun mendatang, karena para insinyur berupaya untuk memastikannya memenuhi peraturan emisi di masa mendatang, khususnya di Uni Eropa.

Versi gas dari M3 masa depan mungkin tidak sekuat versi listriknya, tetapi bobotnya yang lebih ringan akan memastikannya memberikan kesenangan yang sama.

Baca juga: BMW M3 listrik 2027 digadang memiliki empat motor listrik dan RWD

Van Meel tidak mengatakan apakah teknologi hibrida akan digunakan, tetapi itu mungkin seperti yang terlihat pada M5 terbaru.

Kedua versi M3 kemungkinan akan jauh berbeda dari segi mesin. Itu karena M3 listrik akan didasarkan pada platform EV khusus Neue Klasse milik BMW, sementara M3 berbahan bakar bensin masa depan kemungkinan akan menggunakan versi terbaru dari platform CLAR yang menopang M3 saat ini.

X3 listrik, kemungkinan berlogo iX3 yang akan memulai debutnya tahun depan sebagai kendaraan pertama berbasis Neue Klasse. Kendaraan ini akan diikuti pada tahun 2026 oleh Seri-3 listrik, kemungkinan berlogo i3.

Baca juga: Spesifikasi dan fitur BMW M3 dan M4 generasi ke-6

Ini berarti M3 listrik, yang mungkin berlogo i3 M, atau yang serupa, kemungkinan akan muncul sekitar tahun 2027.

Kira-kira saat itulah Seri-3 berbahan bakar bensin berikutnya akan hadir.

Versi M3 akan tertinggal sekitar enam bulan hingga satu tahun dari sedan biasa.

Baca juga: BMW bawa BMW M3 dan BMW M4 Coupe ke pasar Indonesia

Dalam kasus M3 elektrik, van Meel juga mengisyaratkan bahwa mobil itu mungkin dilengkapi dengan sesuatu yang mirip dengan simulasi perpindahan gigi Hyundai.

Ia mengatakan pada bulan Juni bahwa sistem semacam itu memberikan gambaran seberapa cepat mobil berakselerasi dan kecepatan yang dicapainya tanpa pengemudi harus benar-benar melihat, yang akan membantu pengemudi dalam situasi ekstrem, seperti di lintasan balap.

Baca juga: Mercedes C63 AMG Saingi BMW M3 Coupe