Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video berdurasi empat menit di Facebook menarasikan Presiden Fédération Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino menyatakan gol Bahrain saat melawan Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Kamis (10/10/2024) tidak sah.

Diketahui, pemain Bahrain Mohamed Marhoon mencetak gol pada menit ke 99, yang menyamakan kedudukan Indonesia dan Bahrain menjadi 2-2. Tak lama, wasit pun langsung menghentikan pertandingan.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“GOL dari Bahrain di anggap tidak Sah oleh Presiden FIFA karena ada kecurangan di pertandingan Indonesia vs Bahrain #TimnasIndonesia #SuporterIndonesia…”

Namun, benarkah Presiden FIFA menyatakan gol Bahrain tidak sah sehingga Indonesia menang 2-1 atas Bahrain?

Unggahan yang menarasikan Presiden FIFA nyatakan gol Bahrain tidak sah sehingga Indonesia menang 2-1 atas Bahrain. Faktanya, belum ada pernyataan resmi yang menarasikan seperti unggahan tersebut. (ANTARA/HO-Facebook)


Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, tidak ditemukan pernyataan resmi Infantino yang menyatakan gol Bahrain pada menit akhir pertandingan tersebut tidak sah.

Potongan video yang menampilkan Infantino berbicara hanya menarasikan ia pernah berbicara Presiden Asosiasi Sepak Bola Meksiko namun bukan dalam konteks pertandingan Indonesia vs Bahrain kemarin.

Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga menyatakan PSSI akan mengirimkan surat protes kepada FIFA terkait kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin pertandingan Indonesia melawan Bahrain pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu.

“Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,” jelasnya, dilansir dari ANTARA.

Dilansir dari laman Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), keputusan wasit mengenai fakta yang terkait dengan permainan, termasuk apakah gol dicetak atau tidak dan hasil pertandingan, bersifat final.



Sehingga, pernyataan Presiden FIFA nyatakan gol Bahrain tidak sah, Indonesia menang 2-1 atas Bahrain merupakan kekeliruan.

Cek fakta: Ivan Jaime tiba di Indonesia dan ikut bergabung di Timnas Indonesia, benarkah?

Cek fakta: Suporter Bahrain dilarang FIFA hadiri pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, benarkah?

Baca juga: Media asing beritakan wasit kontroversial dalam Bahrain vs Indonesia